Usung Program Unggulan Bagi Masyarakat Gandeng Komunitas Warga

Rabu, 30 Mei 2018 - 17:17 WIB
Usung Program Unggulan Bagi Masyarakat Gandeng Komunitas Warga
Usung Program Unggulan Bagi Masyarakat Gandeng Komunitas Warga
A A A
JAKARTA - Klinik Harapan Sehat (KHS) di Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat yang dibentuk dr Yusuf Nugraha sejak tahun 2008 terus mengembangkan program-program unggulan yang didedikasikan bagi warga masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Setelah program berobat gratis bagi masyarakat tidak mampu dinilai berhasil dan mendapat tempat di masyarakat. Kini dr Yusuf Nugraha fokus terhadap sejumlah masalah krusial di masyarakat.

"Program pertama, kita tetap fokus pada sektor kesehatan, dimana bagi pasien yang tidak mampu akan mendapatkan pelayanan dan pengobatan gratis di KHS. Kedua KHS aktif mengkampanyekan bahaya pemanasan global ke masyarakat. Wujud nyatanya, guna mengurangi sampah plastik yang mengakibatkan ‘global warming’. KHS menawarkan solusi gratis berobat hanya dengan membawa 10 botol plastik, untuk ditukarkan dengan voucher di lokasi yang ditetapkan KHS," kata Yusuf saat berkunjung ke Gedung SINDO, Jalan Wahid Hasyim Nomor 38, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2018).

Untuk mewujudkan hal itu, Yusuf membentuk sejumlah komunitas diantaranya komunitas lansia, pelajar, srikandi dan tukang ojek. "Karena kalau cuma yang ngomong atau sosialisasi hanya satu orang tentunya kurang berhasil dan tidak efektif. Sehingga saya bikin komunitas," timpalnya.

Program selanjutnya, kata Yusuf ada;ah lingkungan hidup dan perilaku terhadap kesehatan masyarakat.

"Untuk mengimplementasikan program ini KHS secara rutin setiap bulannya membagikan makanan bagi tuna wisma dan kaum fakir miskin di Cianjur. Secara selektif, KHS melaksanakan kegiatan ini selalu di malam hari. Mengingat banyak gelandangan yang bohong-bohongan yang sebenarnya mampu, jika kegiatan dilaksanakan di siang hari," ungkap dia.


Selanjutnya yaitu memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba dan seks bebas yang dilakukan komunitas pelajar dengan menjadikanya Duta Anti Narkoba dan Duta Anti Seks Bebas.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3770 seconds (0.1#10.140)