alexametrics

Pilgub Jabar, KPU Ingatkan Semua Pihak Tak Ciderai Demokrasi

loading...
Pilgub Jabar, KPU Ingatkan Semua Pihak Tak Ciderai Demokrasi
Komisioner KPU Jabar Nina Yuningsih mengingatkan seluruh pihak agar tidak menciderai demokrasi jelang Pilgub Jabar dan Pilkada Serentak 2018. Koran SINDO/Agung
A+ A-
BANDUNG BARAT - KPU Jabar mengingatkan seluruh pihak untuk tidak menciderai jalannya ajang Pilgub Jabar, termasuk Pilkada Serentak 2018 di 16 kabupaten/kota di Jabar.

Komisioner KPU Jabar Nina Yuningsih mengatakan, kehidupan demokrasi di Indonesia, termasuk Provinsi Jabar masih harus terus diperjuangkan. Pasalnya, masih ada saja pihak-pihak yang mencoba menciderainya.

"Para penjegal itu antara lain oknum penyelenggara pemilu, peserta pemilu, bahkan pemilih," ungkap Nina dalam kegiatan Sekolah Pergerakan Boedi Oetomo di Politeknik Negeri Bandung, Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (26/5/2018).

Menurut Nina, keterlibatan pihak-pihak tersebut ditandai dengan masih adanya fenomena politik uang (money politik), seperti pembagian sembako. "Bahkan ada spanduk di suatu daerah yang berbunyi menerima serangan fajar," ujarnya.

Untuk itu, Nina juga mengingatkan para pemilih, termasuk peserta sekolah pergerakan untuk menjadi pemilih yang cerdas dengan mencermati track record calon pemimpin dan mencoblos pada waktunya. "Jadilah pemilih yang baik guna mendukung pemilu yang baik pula. Pemilu yang baik diraih dengan proses yang baik," sebutnya.

Kalau prosesnya tidak baik, lanjut Nina, maka pemimpin terpilih akan berpikir bagaimana mengembalikan modal semasa kampanye. "Kalau prosesnya tidak baik, akan semakin banyak pemimpin terkena OTT (operasi tangkap tangan KPK)," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak