Pilgub Jabar, KPU Ingatkan Semua Pihak Tak Ciderai Demokrasi

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:30 WIB
Pilgub Jabar, KPU Ingatkan Semua Pihak Tak Ciderai Demokrasi
Pilgub Jabar, KPU Ingatkan Semua Pihak Tak Ciderai Demokrasi
A A A
BANDUNG BARAT - KPU Jabar mengingatkan seluruh pihak untuk tidak menciderai jalannya ajang Pilgub Jabar, termasuk Pilkada Serentak 2018 di 16 kabupaten/kota di Jabar.

Komisioner KPU Jabar Nina Yuningsih mengatakan, kehidupan demokrasi di Indonesia, termasuk Provinsi Jabar masih harus terus diperjuangkan. Pasalnya, masih ada saja pihak-pihak yang mencoba menciderainya.

"Para penjegal itu antara lain oknum penyelenggara pemilu, peserta pemilu, bahkan pemilih," ungkap Nina dalam kegiatan Sekolah Pergerakan Boedi Oetomo di Politeknik Negeri Bandung, Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (26/5/2018).

Menurut Nina, keterlibatan pihak-pihak tersebut ditandai dengan masih adanya fenomena politik uang (money politik), seperti pembagian sembako. "Bahkan ada spanduk di suatu daerah yang berbunyi menerima serangan fajar," ujarnya.

Untuk itu, Nina juga mengingatkan para pemilih, termasuk peserta sekolah pergerakan untuk menjadi pemilih yang cerdas dengan mencermati track record calon pemimpin dan mencoblos pada waktunya. "Jadilah pemilih yang baik guna mendukung pemilu yang baik pula. Pemilu yang baik diraih dengan proses yang baik," sebutnya.

Kalau prosesnya tidak baik, lanjut Nina, maka pemimpin terpilih akan berpikir bagaimana mengembalikan modal semasa kampanye. "Kalau prosesnya tidak baik, akan semakin banyak pemimpin terkena OTT (operasi tangkap tangan KPK)," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3481 seconds (0.1#10.140)