Selama Ramadhan, Volume Sampah di Kota Serang Meningkat

Kamis, 24 Mei 2018 - 16:14 WIB
Selama Ramadhan, Volume Sampah di Kota Serang Meningkat
Selama Ramadhan, Volume Sampah di Kota Serang Meningkat
A A A
SERANG - Selama Ramadhan ini, volume sampah di Kota Serang, Banten bertambah setiap harinya. Sampah bertambah sebanyak 15 kubik dibandingkan hari biasa.

Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang Bahrudin mengatakan, bertambahnya volume sampah disebabkan adanya pasar dadakan untuk berbuka seperti di Islamic Center, Pasar Lama, dan Pasar Rau.

"Kalau hari biasa itu volume 1.600 kubik sampah. Di bulan Ramadhan bertambah 15 kubik sampai 20 kubik dalam sehari," kata Bahrudin kepada wartawan, Kamis (24/5/2018).

Guna mengantisipasi penumpukan sampah di 30 TPS, pihaknya menambah waktu pengangkutan dari dua kali menjadi tiga kali dalam sehari menggunakan 23 armada truk.

"Di bulan Ramadhan sampah kita angkut tiga kali sehari, jam 05.00 WIB, 15.00 WIB, dan 21.00 WIB," ujarnya.

Bahrudin mengungkapkan bahwa kendala pengelolaan sampah selama ini adalah ada ketidaksinkronan antara waktu pengambilan sampah dengan waktu masyarakat membuang sampah. Saat petugas sudah selesai mengangkut sampah, beberapa saat kemudian warga membuang sampah kembali sehingga sampah di TPS seperti kelihatan numpuk dan tidak terangkut petugas.

"Mestinya waktu warga ngebuang sampah sinergi dengan waktu petugas ngambil sampah dari TPS," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)