PPSDM Geominerba Gelar Pelatihan Sistem Informasi Geografis bagi ASN

Senin, 22 Januari 2024 - 12:31 WIB
loading...
PPSDM Geominerba Gelar Pelatihan Sistem Informasi Geografis bagi ASN
Kementerian ESDM melalui PPSDM Geominerba sebagai institusi pemerintah yang membidangi sektor Geominerba melaksanakan pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui diklat
A A A
BANDUNG - Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) sebagai institusi pemerintah yang membidangi sektor Geominerba melaksanakan pengembangan kompetensi sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan.

Kali ini, PPSDM Geominerba menggelar Pelatihan GIS/SIG Tingkat Advance yang ditujukan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian ESDM.

Sebanyak 11 orang ASN di Lingkungan Kementerian ESDM mengikuti pelatihan selama lima hari (15-19 Januari 2024) di Gedung Diklat PPSDM Geominerba.

Tim pengajar yang berasal dari Pusat Survei Geologi Badan Geologi dan Widyaiswara PPSDM Geominerba akan memberikan beberapa materi seperi; Konsep Dasar SIG, Geospatial Database, Penggunaan Model Builder, Pemodelan 3D, Pengolahan Data Mobile SIG, Analisis Data Spasial Vector dan Raster, dan Studi Kasus SIG (GIS Project Assignment).

Selain itu juga para peserta akan melakukan Praktik Lapangan di Gunung Batu dan Gunung Putri, Lembang untuk mengimplementasikan materi yang sudah disampaikan.

Dengan memanfaatkan pemodelan spasial untuk mengidentifikasi area risiko tinggi dan melibatkan pemantauan real-time, perusahaan di bidang pertambangan dapat meningkatkan keamanan operasional dan melindungi pekerja serta lingkungan, SIG membantu dalam perencanaan dan implementasi program restorasi dan reklamasi lingkungan pasca-tambang.

ASN di Lingkungan Kementerian ESDM yang sudah mengikuti pelatihan ini harapannya dapat memahami bagaimana pemanfaatan sistem informasi geospasial secara konverhensif.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1333 seconds (0.1#10.140)