Soekarwo Apresiasi Aplikasi Penangkal Hoax Opinium

Rabu, 02 Mei 2018 - 17:21 WIB
Soekarwo Apresiasi Aplikasi Penangkal Hoax Opinium
Soekarwo Apresiasi Aplikasi Penangkal Hoax Opinium
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo mengapresiasi peluncuran aplikasi anti hoax yang dinamakan Opinium. Terlebih aplikasi ini diluncurkan saat ada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Opinium merupakan aplikasi khusus yang memungkinkan pengguna mengklarifikasi dan membantu dalam proses kurasi informasi yang didapat di dunia nyata. Melalui aplikasi ini, suatu informasi dapat diuji kebenarannya apakah merupakan berita benar atau hoax. Pengujian kebenarannya melalui penilaian masyarakat secara langsung.

“Aplikasi Opinium ini merupakan inisiatif anak-anak muda Jatim dengan rasa nasionalisme baru. Mereka memikirkan keselamatan generasi dari berbagai predator informasi yakni hoax. Hampir bersamaan dengan adanya pesta demokrasi, aplikasi ini membantu pemilih untuk rasional dan mendapat informasi yang benar,” kata Soekarwo saat menghadiri Pagelaran Seni Budaya dalam rangka menyongsong satu tahun Pemilu DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (2/5/2018).

Orang nomor satu di Jatim ini juga menyambut baik diserahkannya aplikasi ini pada pemerintah, dalam hal ini Pemprov Jatim. Ke depan, dia akan menyerahkan aplikasi ini kepada Menteri Komunikasi dan Informatika agar dapat digunakan secara nasional. Opinium oleh Soekarwo dianggap sebagai aplikasi yang luar biasa. Pasalnya aplikasi ini mampu menyaring berita yang benar dan tidak benar.

“Ini (Opinium) merupakan sumbangan yang luar biasa. Aplikasi ini akan sangat membantu pemerintah dalam menangkal hoax,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Eko Sasmito mengatakan, berbagai tahapan dan rangkaian pemilihan umum termasuk pemilihan presiden sudah berjalan. Diantaranya Pemilihan Presiden (Pilpres) tanggal 17 April 2019 mendatang. Lalu Pemilu yang diikuti 20 parpol terdiri dari 16 partai nasional dan empat partai lokal.

"Rangkaian ini harus disampaikan pada masyarakat. Kami berterima kasih pada Pemprov Jatim yang selalu mendukung berbagai program yang dilakukan KPU. Saya berharap dukungan ini akan terus berjalan,” katanya.

Pada kesempatan itu, inisiator Opinium, M Hasanudin mengatakan, melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengemukakan pendapatnya terkait suatu informasi yang beredar. Salah satunya dengan membeberkan fakta-fakta di lapangan atau data empiris lainnya.

Melalui aplikasi ini, lanjutnya, masyarakat dapat terlibat aktif dalam memerangi kabar hoax yang semakin meresahkan. “Itulah dasar pemikiran dari aplikasi ini,” jelasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6023 seconds (0.1#10.140)