BRG Berikan Ilmu Cara Promosi Kerajinan Tangan dari Lahan Gambut

Minggu, 29 April 2018 - 20:06 WIB
BRG Berikan Ilmu Cara Promosi Kerajinan Tangan dari Lahan Gambut
BRG Berikan Ilmu Cara Promosi Kerajinan Tangan dari Lahan Gambut
A A A
BANJAR - Badan Restorasi Gambut (BRG) mengadakan sejumlah kegiatan di hari kedua Jambore Masyarakat Gambut 2018. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di Kiram Park, Banjar, Kalimantan Selatam itu yakni memberikan pelatihan kepada warga mengenai cara memulai usaha kerajinan tangan dari lahan gambut.

Pada kesempatan ini, Ihsan Biantoro salah satu mentor dari BRG memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai cara efektif mempromosikan kerajinan tangan lahan gambut, dan bagaimana menjaga kelestarian lahan gambut.

"Yang kita omongkan di desa itu masalah utamanya itu adalah kualitas pasar, kualitias bahan baku," kata Ihsan di lokasi, Minggu (29/4/2018).

Dia melanjutkan, selama ini kendala yang kerap dialami masyarakat gambut di bagian hilir, seperti masalah operasional logistik, marketing, dan merk produk yang selama ini dinilai belum maksimal.

"Kalau kita ngomong lahan gambut se Indonesia sebagian itu kayaknya mendukung. Tetapi kayak di Kalimantan Timur semuanya itu berharap potensinya itu batu bara. Kalau kita ngomong soal potensi bahan baku kerajinan tangan sendiri itu malah nggak difokuskan," lanjutnya.

Sementara itu, saat ini pihaknya sedang berupaya memberikan pendampingan mulai dari desain kerajinan tangan, bahan baku, bantuan operasional, hingga proses penjualan.

"Karena masalah itu biasanya dari operasional sampai penjualan. Makanya kita sampai pada titik mereka punya koperasi sendiri dan mereka bisa jualan offline dan online," tuturnya.

Ihsan berharap kedepan pemerintah terkait dapat ambil bagian setiap dari setiap kerajinan tangan yang ada di daerah. Kemudian dibukakan keran-keran keuangan daerah guna membantu menunjang proses pembuatan kerajinan daerah yang maksimal.

"Contoh mempermudah jalannya secara birokrasinya secara penyaluran informasinya itu yang sangat penting," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4213 seconds (0.1#10.140)