Demi Kesejahteraan Petani, Relawan Ganjar-Mahfud Pelatihan Pengembangan Kakao

Kamis, 18 Januari 2024 - 12:29 WIB
loading...
Demi Kesejahteraan Petani, Relawan Ganjar-Mahfud Pelatihan Pengembangan Kakao
Relawan GAMA menggelar pelatihan dan pengembangan bibit kakao di Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (17/1/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LOMBOK UTARA - Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (GAMA) menggelar pelatihan dan pengembangan kakao di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ini merupakan bentuk perhatian khusus dalam pengembangan sektor pertanian.

Koordinator GAMA NTB Paris Tundun Mangku Langit mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan merawat, mengolah, serta memasarkan hasil kakao. Dengan demikian akan tercipta dampak positif jangka panjang bagi perekonomian dan kesejahteraan petani kakao.

"Pelatihan dan pengembangan terkait tanaman kakao. Yang ikut ada petani kakao hingga pelaku UMKM. Tujuannya untuk mengembangkan produk-produk UMKM yang ada di desa kami," kata Paris di Desa Sesait, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (17/1/2024).

Pelatihan mencakup berbagai aspek, melibatkan petani kakao hingga pelaku UMKM yang terlibat dalam pengolahan dan pemasaran produk olahan kakao. Tanaman kakao, yang dikenal dengan biji cokelatnya, menghasilkan produk olahan seperti cokelat, bubuk kakao, mentega kakao, kue, dan sirup cokelat.

Selain pelatihan, sukarelawan GAMA juga memberikan bantuan bibit kakao kepada petani. Langkah ini diambil untuk memperkuat sektor pertanian dan mendukung peningkatan produksi kakao di daerah tersebut.

Masyarakat setempat merespon positif kegiatan ini. Mereka menganggap kegiatan ini sebagai langkah membantu meningkatkan produktivitas tanaman kakao di wilayahnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)