Misteri Batu Nisan Corak Islam Peninggalan Raja Majapahit Hayam Wuruk

Kamis, 18 Januari 2024 - 07:37 WIB
loading...
A A A
Dari data tersebut dapat dipastikan bahwa di Ibu Kota Kerajaan Majapahit atau di sekitarnya di masa pemerintahan Hayam Wuruk sudah ada pemeluk - pemeluk agama Islam. Pemeluk - pemeluk Islam itu menurut peneliti Ricklefs adalah orang-orang Jawa.

Selain nisan - nisan di Tralaya, masih ada sebuah batu nisan yang berada di Makam Puteri Campa, yang terletak di sebelah tenggara Museum Trowulan Mojokerto.

Nisan itu bertuliskan angka tahun dengan huruf Kawi atau Jawa kuno dan Arab, serta gambar yang diduga kuat merupakan lambang Kerajaan Majapahit.Kepastian bahwa itu makam Puteri Campa sebenarnya hanya berdasarkan tradisi, naluri, dan babad.



Hanya saja karena naluri yang begitu kuat, masyarakat mempercayai itu merupakan makam Puteri Campa. Puteri Campa sendiri ada yang menafsirkan merupakan bibi Sunan Ampel dan menjadi istri Raja Majapahit.

Menurut H.J. De Graafschap sebagaimana dijelaskan Sjamsudduha pada bukunya, Puteri Campa itu istri Raja Majapahit yang terakhir.

Sedangkan ada pendapat lain yang menyatakan Puteri Campa merupakan istri Raja Majapahit Bhre Tumapel yang berkuasa 1447 - 1451 Masehi.

Terlepas dari Puteri Campa itu merupakan istri Raja Majapahit yang mana, dapat diyakini ia itu istri raja atau setidak-tidaknya termasuk orang dalam pada sistem keprabuan di Kerajaan Majapahit.
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0889 seconds (0.1#10.140)