Banyak Mobil Terjebak Lumpur di Jalan Trans Kalteng-Kalbar

Rabu, 25 April 2018 - 21:40 WIB
Banyak Mobil Terjebak Lumpur di Jalan Trans Kalteng-Kalbar
Banyak Mobil Terjebak Lumpur di Jalan Trans Kalteng-Kalbar
A A A
PANGKALAN BUN - Hujan deras yang terus mengguyur Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah dalam satu pekan terakhir menyebabkan beberapa titik jalan Pangkalan Bun-Kolam (atau Jalur Trans Kalteng-Kalbar) menjadi banjir dan rusak parah bak bubur lumpur. Sejumlah mobil terjebak dalam kubangan lumpur di kilometer 21 dari arah Pangkalan Bun.

Ada sekitar 3 titik jalan yang rusak dengan panjang yang bervariasi mulai 20-50 meter. Para sopir taksi dan warga harus bahu-membahu mengeluarkan mobil dengan cara ditarik. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Kubangan lumpur yang mencapai 60 sentimeter membenamkan roda mobil. Namun ada juga mobil yang berhasil lolos.

Yelis, sopir taksi rute Sukamara-Pangkalan Bun mengaku harus berjuang keras melintasi jalan tersebut. Menurut Yelis, dirinya terpaksa lewat jalan tersebut untuk mempersingkat waktu dan mengirit biaya operasional. Tapi ternyata justru biaya dan waktunya terbuang.

"Sudah dua hari ini jalan terendam air setinggi 40-70 cm, kami tertahan di sini, maksudnya ingin memperkecil pengeluaran tapi justru jadi nombok. Bisa saja lewat Lamandau tapi jauh juga meski jalannya bagus," keluh Yelis saat berjuang keras mengeluarkan mobilnya yang sudah masuk kubangan tanah berbubur, Rabu (25/4/2018).

Warga Pangkalan Bun, Oteh, juga mengeluhkan hal senada. Oteh mengatakan, dari Kolam hingga Pangkalan Bun ada tiga titik jalan yang rusak parah dan banjir. Dia mengatakan, kerusakan terparah ada di KM 21-24 dari arah Pangkalan Bun. Dirinya berharap Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) harus segera memperbaiki jalan yang rusak dengan cepat.

"Ada tiga titik yang rusak, kerusakan terparah ya di sini. Tadi malam saja ada enam mobil yang terpaksa menginap di sini. Kemarin sudah diperbaiki, tapi hanya ditimbun tanah, sekarang rusak lagi," katanya.

Dari pengamatan MNC Media di jalan Pangkalan Bun-Kolam, puluhan mobil mengantre. Belasan mobil terjebak saat melintasi jalan. Kebanyakan mobil taksi yang akan mengantar penumpang terpaksa memanggil rekannya dari Pangkalan Bun untuk menjemput dan mengantar penumpangnya menuju tempat tujuan. Nina, penumpang taksi tujuan Sukamara dari Pangkalan Bun harus rela menunggu lama untuk sampai ke Sukamara sejak tadi pagi.

Untuk diketahui, jalan Pangkalan Bun-Kolam merupakan jalur penghubung dari Kabupaten Kobar menuju Kabupaten Sukamara, Kalteng dan menuju Kabupaten Ketapang, Kalbar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3539 seconds (0.1#10.140)