Pangdam Diponegoro Tinjau Korban Gempa Kalibening Banjarnegara

Senin, 23 April 2018 - 08:54 WIB
Pangdam Diponegoro Tinjau Korban Gempa Kalibening Banjarnegara
Pangdam Diponegoro Tinjau Korban Gempa Kalibening Banjarnegara
A A A
BANJARNEGARA - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto meninjau kondisi korban gempa Kalibening Banjarnegara. Dengan didampingi Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, Askasdam IV/Diponegoro, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Diponegoro, dan Dandim 0704/Banjarnegara, Pangdam IV/Diponegoro meninjau secara langsung kondisi warga masyarakat dan bangunan rumah warga maupun sarana dan prasarana lain yang ada di lokasi korban Gempa Kalibening Banjarnegara, Minggu (22/4/2018).

Sebelumnya gempa bumi yang terjadi di Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara pada Rabu 18 April 2018 pukul 13.28.35 WIB berkekuatan 4,4 SR, Lintang 7,21 LS, Bujur 109.65 BT, kedalaman 4 Km ini, mengakibatkan kerusakan infrastruktur bangunan rumah, fasilitas umum dan korban jiwa meninggal dunia serta luka.

Dandim 0704/Bna Letkol Inf Bagas Gunanto menyebutkan, personel yang terlibat dalam tanggap darurat pascagempa Kalibening 843 orang terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD Banjarnegara dan Pekalongan, Dinkes, organisasi kemasyarakatan dan pemuda serta organisasi sosial dan relawan.

"Dalam tanggap darurat pasca gempa ini, upaya dan tindakan yang telah dilaksanakan menyiapkan personel dan material, mendirikan dapur umum, mendirikan pos kesehatan, menyiapkan tempat-tempat pengungsian, dan meleksanakan kegiatan rapat koordinasi bersama unsur terkait dalam pelaksanaan penanganan di lokasi yang terdampak bencana," ujar Bagas.

Untuk dukungan logistik, lanjutnya. Kebutuhan pokok untuk para pengungsi terpenuhi dari sumbangan para donatur dari berbagai kalangan masyarakat serta instansi.

"Untuk logistik, masih ada beberapa kebutuhan pokok yang diperlukan seperti air mineral, beras, minyak goreng, lauk pauk, alat tidur, tikar, selimut, alat mandi, detergen, LPG, perlengkapan bayi, terpal, susu balita serta pampers dewasa dan bayi," ungkapnya.

Sementara itu, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto menyampaikan kedatangannya ke lokasi bencana alam gempa untuk melihat langsung situasi dan kondisi masyarakat yang terdampak gempa dan untuk memastikan perlakuan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa ini.

"Alhamdulillah, saya dapat melihat secara keseluruhan di masing-masing titik. Hampir seluruh komponen dan elemen masyarakat yang ada di wilayah ini, membantu mengatasi masalah awal yang ada di daerah ini," kata Pangdam IV/Diponegoro.

Terkait dengan instruksi dalam penanganan tanggap darurat pascagempa ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemda dalam hal ini Pemprov Jawa Tengah dan Pemkab Banjarnegara untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki untuk bisa mempercepat proses evakuasi kemudian membersihkan rumah-rumah yang hampir semua rumah dan bangunan yang ada kondisinya sangat parah.

"Membantu pengungsi supaya dalam tinggal di rempat pengungsian ini tidak ada permasalahan. Alhamdulillah bantuan dari semua komponen masyarakat luar biasa, baik dalam membantu membersihkan bangunan maupun membantu masyarakat pengungsi," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7304 seconds (0.1#10.140)