Sapa Penyandang Disabilitas, Puti Kenalkan Dik Dilan

Senin, 09 April 2018 - 02:51 WIB
Sapa Penyandang Disabilitas, Puti Kenalkan Dik Dilan
Sapa Penyandang Disabilitas, Puti Kenalkan Dik Dilan
A A A
BLITAR - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno menyapa kelompok disabilitas warga Desa Darungan, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Di hadapan para penyandang disabilitas, Puti mengenalkan program Pendidikan Gratis Dilanjutkan atau disingkat Dik Dilan.

Jika nanti terpilih, cucu Bung Karno menjanjikan pendidikan SMA dan SMK gratis, khususnya kepada anak anak dengan orang tua disabilitas. "Kami siapkan akses pendidikan gratis bagi putra-putri para penyandang disabilitas. Program itu kami namakan Dik Dilan," ujar Puti kepada wartawan.

Program Dik Dilan berprioritas untuk para siswa dengan orang tua penyandang disabilitas. Dengan Dik Dilan pendidikan gratis di Jawa Timur diharapkan bisa semakin merata. Menurut Puti, selain Dik Dilan paslon Gus Ipul-Puti juga menawarkan program Superstar.

Program ini mewadahi para penyandang disabilitas dalam menjalankan kegiatan ekonominya. "Salah satunya pemberdayaan UMKM dengan memberikan akses perbankan, permodalan, pelatihan, akses pemasaran dan promosi," jelas Puti.

Usai bertemu kelompok disabilitas, Puti beserta rombongan menyempatkan mampir ke kampung cokelat Kademangan. Di sana Puti bertemu masyarakat media sosial atau warga net. Puti juga bersilaturahmi dengan para pelaku ekonomi kerakyatan (UMKM), termasuk berkunjung ke Candi Sawentar.

Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Blitar, Ahmad Sugik, mengatakan, ada beberapa hal yang lolos dari perhatian pemerintah, yakni terkait sulitnya memperoleh kaki palsu. Karenanya dia berharap pemerintah memberi kemudahan.

"Banyak diantara kami butuh kaki palsu agar bisa berkegiatan seperti orang normal. Ke depan harapannya pemerintah bisa memperhatikan hal hal seperti ini, "ungkapnya. Dalam kegiatan kampanye ini Puti Guntur ditemani Bupati dan Wakil Bupati Blitar Rijanto dan Marheinis Urip Widodo.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5456 seconds (0.1#10.140)