Jalan di Lokasi Longsor Puncak Ditarget Normal Sebelum Lebaran

Jum'at, 30 Maret 2018 - 16:34 WIB
Jalan di Lokasi Longsor Puncak Ditarget Normal Sebelum Lebaran
Jalan di Lokasi Longsor Puncak Ditarget Normal Sebelum Lebaran
A A A
CIANJUR - Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Agung Budi Maryoto meninjau lokasi tanah longsor Puncak Pass, di Jalan Raya Puncak, Kampung Seger Alam, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jumat (30/3/2018) siang. Kapolda meminta pihak terkait segera memperbaiki jalan dan lahan yang rusak akibat longsor.

Saat tiba di lokasi, Kapolda Jabar dan rombongan disambut Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah, dan Dandim 0608 Cianjur Letkol CZI Hidayati. "Kita harus tanggap melihat suasana. Apa yang harus kita kerjakan. Aspek jalan yang rusak akibat longsor harus segera diperbaiki karena ada informasi bahwa tanah yang mengalami pergeseran akibat ada air di dalamnya. Demi keselamatan masyarakat, kita harus cepat tanggap untuk memperbaiki lokasi tersebut agar tidak menimbulkan korban," kata Agung yang didampingi Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman.

Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, Pemkab Cianjur, dinas, dan kementerian terkait menargetkan perbaikan jalan secepatnya dilakukan dan akan kembali normal sebelum Lebaran 2018. "Kami akan bekerja semaksimal mungkin demi kenyamanan, keamanan pengendara dan masyarakat," ujar Herman.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Atianto mengemukakan, untuk sementara telah dilakukan penanganan darurat agar tak terjadi longsor susulan. Saat ini, kondisi badan jalan stabil. Untuk pengaturan arus kendaraan, diserahkan kepada polisi lalu lintas dan dinas terkait. Bus dan truk dilarang melintas agar tak memicu pegeseran tanah susulan.

"Longsor ini berada di area tebing. Proses perbaikan diprediksi akan memakan waktu lebih kurang tiga bulan. Namun sebelum lebaran atau Idul Fitri mendatang, kondisi sudah kondusif dan jalan bisa kembali dilalui," pungkas Atianto.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7339 seconds (0.1#10.140)