Banjir 2 Meter Terjang Karangligar Karawang, 1.629 Jiwa Terdampak

Sabtu, 06 Januari 2024 - 22:00 WIB
loading...
Banjir 2 Meter Terjang Karangligar Karawang, 1.629 Jiwa Terdampak
Banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang semakin meluas menggenangi 441 rumah dan 1629 jiwa. Foto/BNPB
A A A
KARAWANG - Banjir di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang semakin meluas menggenangi 441 rumah dan1629 jiwa dari568 KK yang terdampak. 327 warga terpaksa mengungsi kerumah kerabatnya karena air semakin meninggi.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Karawang Kaming mengatakan hujan turun dengan intensitas tinggi selama 3 hari berturut turut di Desa Karangligar ditambah dengan banjir kiriman dari sungai Cibeet dan sungai Citarum membuat air semakin meninggi.

Warga yang sebelumnya masih bertahan di rumah akhirnya mulai mengungsi di rumah kerabatnya yang tidak kebanjiran. “Kami menyiapkan tempat pengungsian, namun warga memilih mengungsi di rumah kerabatnya yang tidak kebanjiran," kata Kaming, Sabtu (6/1/2024).



Menurut Kaming berdasarkan data dari BPBD Karawang tercatat ada sebanyak 327 jiwa yang mengungsi di rumah kerabatnya yang berlokasi di Desa Karangligar. Air yang terus meninggi hingga mencapai 200 cetimeter atau 2 meter.

”Sebagian dari pengungsi ini kami evakuasi dari rumahnya karena sudah terkepung air. Mereka memilih mengungsi di kerabatnya dan menolak dibawa ketempat pengungsian yang disediakan pemerintah,” ucapnya.



Kaming mengatakan selain rumah warga yang terendam hingga setinggi 2 meter sebanyak 441 rumah juga tempat ibadah sebanyak 7 tempat ibadah dann3 sekolah juga terendam hingga mencapai 2 meter.

Jika hujan masih turun kemungkinan banjir akan meluas. ”Kami mengantisipasi jika hujan terus menerus banjir akan meluas. Perahu karet sudah disiapkan untuk evakuasi warga,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)