Tanggul Ambrol di Purwakarta Diperbaiki

Senin, 19 Maret 2018 - 19:15 WIB
Tanggul Ambrol di Purwakarta Diperbaiki
Tanggul Ambrol di Purwakarta Diperbaiki
A A A
PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta dan warga akhirnya turun tangan mengatasi tanggul penahan air Sungai Cinangka dan Sungai Cikao, Desa Cikaobandung, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang mulai ambrol, Senin (19/3/2018). Perbaikan itu sengaja dilakukan setelah bertahun-tahun terbengkalai akibat belum diserahterimakannya proyek tersebut dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum kepada PJT II.

Pemerintah setempat dan warga langsung bergerak mengatasi permasalahan yang bisa mengancam warga Desa Cikaobandung tersebut. Sebab, jika saja tetap dibiarkan, kedua sungai itu akan meluap dan menggenangi permukiman sebagaimana terjadi pada 2010. Kala itu, sebanyak 423 rumah terendam.

Camat Jatiluhur Asep Supriatna mengungkapkan, penanganan tanggul itu harus dilakukannya sebagai langkah preventif. Koordinasi pun dilakukan dengan Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta.

"Alhamdulillah bersama-sama dengan warga dan bantuan alat berat dari Dinas Bina Marga dan Pengairan dapat mengatasi sementara. Bersama warga bahu-membahu menumpuk karung berisi pasir di sekitar tanggul yang ambrol," kata Supriatna kepada SINDOnews.

Menurut dia, penanganan itu sifatnya hanya sementara, namun cukup efektif mencegah aliran air yang sewaktu-waktu bisa saja meluap. Dia tak menginginkan peristiwa pahit delapan tahun lalu terulang kembali. Warganya harus hidup di pengungsian selama berhari-hari karena rumahnya tergenang air hingga 50 sentimeter. (Baca Juga: Tanggul Rusak Dibiarkan Terbengkalai(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5275 seconds (0.1#10.140)