Gubernur Sumut Jajaki Kerja Sama dengan Australia

Kamis, 15 Maret 2018 - 14:54 WIB
Gubernur Sumut Jajaki Kerja Sama dengan Australia
Gubernur Sumut Jajaki Kerja Sama dengan Australia
A A A
MELBOURNE - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Tengku Erry Nuradi bertemu Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) untuk negara bagian Victoria dan Tasmania, Spica Alphanya Tutuhatunewa di Kota Melbourne, Australia, pada Rabu (14/3/2018).

Pertemuan itu untuk menjajaki kerja sama di sejumlah bidang antara Provinsi Sumatera Utara dengan negara-negara bagian di Australia. Erry didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara, Evi Diana Sitorus. Sementara, Spica didampingi Wakil Konjen, Zaenal Arifin dan sejumlah staf.

Tengku Erry mengharapkan hubungan Australia dengan Indonesia, khususnya negara-negara bagian di Australia dengan Sumatera Utara lebih ditingkatkan serta dikembangkan. “Kita tahu, warga Indonesia yang ada di Australia lebih kurang 16.000 orang yang sebagian besar mahasiswa. Program beasiswa dan pertukaran pelajar ke depannya mestinya ditingkatkan lagi,” ucap Tengku Erry.

Tengku Erry pun yakin, selain pendidikan, kerja sama di bidang-bidang lainnya sangat potensial dijajaki, seperti bidang kesehatan dan pariwisata. “Di bidang kesehatan, kita tadi telah mengunjungi rumah sakit The Royal Melbourne Hospital, melihat infrastruktur dan sarana serta pra sarana lainnya,” sebut Erry.

Sementara di bidang pariwisata, Sumut antara lain menawarkan Danau Toba yang saat ini sedang dikembangkan menjadi wisata internasional. “Kita berharap, investor Australia bisa ikut berinvestasi mengembangkan wisata tersebut,’’ tutur Erry seraya menyebutkan bahwa Sumut telah memiliki 2 bandara internasional yakni Kualanamu dan Silangit yang jaraknya tidak jauh dengan Danau Toba.

Seperti diketahui perusahaan asal Australia telah menanamkan investasinya di Sumatera Utara yakni tambang emas Agincourt Resources yang berada di Kabupaten Tapanuli Selatan. “Kita berharap Ibu Konjen bisa membantu mempromosikan dan mengajak investor asal Australia lainnya untuk menjalin kerja sama-kerja sama atau menanamkan investasinya di Sumatera Utara,” kata Erry.

Sementara itu, Konjen RI di Melbourne, Spica Alphanya Tutuhatunewa mengatakan, sangat bangga kepada Pemprov Sumut yang terus mengembangkan daerahnya di segala bidang.

"Apresiasi yang tinggi saya berikan kepada Pak Gubsu Erry yang terus melakukan pembenahan dan peningkatan di segala bidang baik pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Semoga ke depan Australia dapat bekerja sama dengan Sumut di bidang-bidang lainnya," ucap Spica.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4564 seconds (0.1#10.140)