Daftar Jadi Relawan, Kang Emil: Tidak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan

Senin, 10 Agustus 2020 - 17:38 WIB
loading...
Daftar Jadi Relawan, Kang Emil: Tidak Ada Istilah Rakyat Dikorbankan
Foto ilustrsi
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengakui, dirinya sudah mendaftar menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac, calon vaksin COVID-19 asal China. Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berujar, dirinya didaftarkan menjadi relawan oleh tim kesehatannya secara online.

Dia pun mengaku telah mengantongi bukti telah terdaftar sebagai relawan. "Receive online atau tanda buktinya sudah ada, nanti saya posting juga," ujar Kang Emil di Bandung, Senin (10/8/2020). (Baca: Ridwan Kamil Tercatat dalam Daftar Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac)

Meski begitu, hingga kini, dia masih menunggu pengumuman apakah dirinya layak atau tidak menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac. "Diterimanya masih belum karena menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain-lain bahwa saya layak dan siap jadi relawan. Dari sisi pendaftaran sudah," katanya.

Kang Emil pun berharap, proses dirinya menjadi relawan berjalan lancar. Jika ternyata dianggap layak, dia akan melaksanakannya sesuai prosedur tanpa keistimewaan. Sebaiknya, jika tidak, dia pun memakluminya karena hal itu berhubungan dengan faktor kesehatan.

"Kalau pemimpinnya ikut (menjadi relawan), ya rakyatnya yakin bahwa semuanya berproses secara ilmiah. Jadi tidak ada istilah "oh rakyat dikorbankan, pemimpinnya aja gak yakin, masa rakyatnya harus ikutan". Gak, semuanya juga ikutan. Makanya gubernur juga ikutan dalam proses ini," tuturnya.

Kang Emil juga berpesan agar masyarakat percaya dan yakin dengan langkah-langkah yang diambil pemerintah, termasuk lembaga kredibel dalam penanganan COVID-19, dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jabar yang dinakhodainya.

"Jangan terlalu terbawa dalam diskusi, dalam narasi yang kurang produktif. Yakini bahwa pemerintah memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui proses yang kita tunggu-tunggu yaitu adanya vaksin," tandasnya. (Baca: Ridwan Kamil Gelengkan Kepala Melihat Warga Depok Masih Banyak Keluyuran)

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Sinovac, Eddy Fadlyana sebelumnya membenarkan bahwa nama Ridwan Kamil sudah tercatat dalam daftar relawan uji klinis vaksin Sinovac. "Saya lihat namanya (Ridwan Kamil) ada," ujar Eddy saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (8/8/2020).

Meski begitu, Eddy mengaku belum mendapatkan informasi yang lebih rinci terkait kapan dan di mana pria yang akrab disapa Kang Emil itu mendaftarkan diri menjadi relawan. "Nah, makanya itu kan lagi dimasukin ke dalam sistem, nanti baru ketahuan di mana tempatnya. Hanya, yang saya lihat namanya ada," katanya.

Sementara itu, dokter laboratorium riset uji klinis vaksin Sinovac, dr Sunaryati Sudigdoadi menuturkan, lima tahapan harus dijalani setiap relawan sebelum menjadi subjek uji klinis. Tahapan tersebut wajib dijalani agar relawan memahami seluruh prosedur, termasuk teknis uji klinis dan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6223 seconds (0.1#10.140)