alexametrics

Sengketa Lahan Antara PT Unggul dan Warga Memanas, 4 Orang Terluka

loading...
Sengketa Lahan Antara PT Unggul dan Warga Memanas, 4 Orang Terluka
Sengketa lahan antara PT Unggul Widya Lestari dan warga di Afdeling Baribi, Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat kembali memamanas. iNewsTV/Joni Banne Tonapa
A+ A-
PASANGKAYU - Sengketa lahan antara PT Unggul Widya Lestari dan warga di Afdeling Baribi, Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat kembali memamanas. Empat orang mengalami luka, satu di antaranya dilarikan ke rumah sakit umum daerah karena mengalami luka lebam di wajah.

Sengketa lahan yang berkepanjangan ini terjadi di Afdeling Baribi antara PT Unggul Widya Lestari dan warga sudah terjadi sejak empat tahun silam. Namun, masalah ini persoalan tersebut tak kunjung tuntas.

Padahal kasus tersebut telah ditangani sejumlah instansi, baik dari pemerintah daerah, DPRD melalui pembentukan pansus, hingga ke pusat. Akibat terkesan dibiarkan hingga berlarut-larut, konflik lahan sengketa di areal HGU tersebut kembali pecah.



Warga dan karyawan PT Unggul Widya Lestari pun terlibat saling serang, sehingga empat orang karyawan babak belur dihajar warga. Bahkan satu di antaranya terpaksa dilarikan ke RSUD Pasangkayu karena mengalami luka lebam di wajah.

Akibat bentrokan tersebut, puluhan warga mendatangi kantor Polsek Baras untuk melaporkan dugaan pengancaman yang dilakukan oleh karyawan PT Unggul Widya Lestari. Mereka menunjukkan barang bukti berupa dua parang dan dua badik yang diduga milik karyawan kepada kepolisian.

Sedangkan tiga karyawan PT Unggul Widya Lestari lain yang babak belur dihajar massa dimintai keterangan oleh penyidik Polsek Baras. Sampai saat ini lokasi sengketa seluas 1.050 hektare masih dalam pemantauan Polres Pasangkayu.

Samsal, seorang warga mengatakan, telah terjadi aksi adu jotos di lapangan antara warga dan karyawan PT Unggul Widya Lestari. “Karena sengketa ini telah berlarut-larut, kami meminta kepada pemerintah agar segera mencarikan solusi,” katanya.

Kapolsek Baras Iptu Nurdin mengatakan, saat ini pihak kepolisian tengah melakukan pemeriksaan terkait pelaporan yang diterima. “Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap pelaporan yang masuk ke polsek,“ tegasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak