Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Masuk Daftar Bandara Terbaik

Rabu, 20 Desember 2023 - 23:00 WIB
loading...
Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Masuk Daftar Bandara Terbaik
PT Angkasa Pura I (AP1) terus tingkatkan pelayanan dan kapasitas Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. (Foto: dok AP1)
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura I (AP1) terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik sesuai dengan standar aturan yang berlaku di Indonesia maupun secara internasional, dengan mengedepankan prinsip Safety, Security, Services, and Compliance (3S+1C).

Hal ini mengacu kepada standar layanan yang berlaku secara nasional dari regulator, maupun secara internasional dari International Civil Aviation Organization (ICAO) untuk safety, security, dan compliance, serta Airports Council International (ACI) yang merupakan lembaga tertinggi di industri aviasi untuk kualitas penyelenggaraan standardisasi terkait service quality.

Komitmen tersebut turut diterapkan AP1 pada proses pembangunan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Menanggapi berita terkait daftar bandara yang dirilis oleh AirHelp Inc, PT Angkasa Pura I (AP I) menyampaikan tengah melakukan validasi mengenai hal tersebut.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Rahadian D Yogisworo menegaskan, pihaknya telah menyelesaikan pengembangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin guna peningkatan pelayanan dan kapasitas bandara. "Kami telah menyelesaikan pembangunan/pengembangan dalam rangka peningkatan pelayanan dan peningkatan kapasitas bandara dari kapasitas semula 1,5 juta pax/tahun menjadi 10 juta pax/tahun," ujarnya pada Rabu (20/12/2023).

Melalui pengembangan infrastruktur dan layanan tersebut, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin berhasil mendapatkan pengakuan dari Airports Council International (ACI) sebagai salah satu dari 73 bandara di dunia pada kategori The Voice of the Customer in Asia Pacific pada 2022. Bandara yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2019 ini juga meraih penghargaan dari Indonesia National Air Carriers Association (INACA) sebagai Bandara Terbaik Indeks Kepuasan Pelanggan (CSI) 2023.

Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Masuk Daftar Bandara Terbaik

Bandara kelolaan AP1 raih beragam penghargaan bergengsi di tingkat nasional maupun internasional. (Foto: dok AP1)

Bandara lainnya yang juga dikelola AP1 turut meraih beragam prestasi, antara lain Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang pada 2023 ini telah mendapatkan penghargaan dari ACI dengan kategori Best Airport of 15 to 25 Million Passenger in Asia Pasific dan Director General's Roll of Excellence.

Penghargaan tersebut diberikan kepada bandara yang telah memenangkan banyak penghargaan selama periode lima tahun dalam 10 tahun terakhir, sebagai bagian dari program Airport Service Quality, program pengukuran dan benchmarking pengalaman pelanggan bandara terkemuka di dunia.

Tak hanya itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali juga mendapatkan penghargaan dari INACA sebagai Bandara Terbaik Indeks Kepuasaan Pelanggan (CSI) 2023. Selain itu, juga terdapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada kategori Bandara Terbaik dalam ajang Penghargaan Pelayanan Publik 2023, serta dari ⁠Asean Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards bidang Efisiensi Energi kategori Manajemen Energi pada Industri dan Bangunan tingkat ASEAN.

Deretan prestasi tersebut menjadi bukti bahwa selama ini AP1 terus bergerak maju untuk terus memberikan kualitas terbaik kepada para pengguna jasa penerbangan. Namun demikian AP1 juga terbuka untuk saran dan kritik dari yang membangun dari berbagai pihak.

"Masukan dari berbagai pihak serta stakeholder industri aviasi dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus berupaya lebih baik lagi dalam meningkatkan standar layanan yang berkualitas bagi pengguna jasa bandara," tutur Rahadian.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)