Anang-Ashanty Bagikan Tips Sukses Usaha di Jambore UMKM dan IKM Kabupaten Bogor

Senin, 18 Desember 2023 - 17:31 WIB
loading...
Anang-Ashanty Bagikan Tips Sukses Usaha di Jambore UMKM dan IKM Kabupaten Bogor
Anang Hermansyah dan Ashanty saat menghadiri acara Jambore UMKM dan IKM Kabupaten Bogor volume di Cisarua, Kabupaten Bogor. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Forum UMKM dan IKM Kabupaten Bogor menggelar acara jambore volume dua di Cintamiang, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Acara yang diikuti oleh perwakilan UMKM dan IKM dari 40 kecamatan seluruh Kabupaten Bogor ini di gelar selama 2 hari.

Seluruh peserta yang merupakan anggota forum UMKM kabupaten Bogor, mendapat pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan penjualan dan produk UMKM nya. Pada hari ke dua seluruh peserta mendapatkan materi dari Anang Hermansyah terkait tips dan trik digital marketing untuk produk UMKM serta tahapan meningkatkan kualitas produk dan bantuan permodalan.

“UMKM merupakan bisnis yang bertahap untuk sampai ke titik sukses, salah satu sarana pendukung maju nya UMKM adalah promosi produk. Saat ini media sosial merupakan sarana efektif untuk melakukan promosi produk UMKM yang gratis,” ujar Anang saat menyampaikan materi.

Selain itu, Anang menambahkan kelengkapan administrasi pelaku UMKM menjadi syarat mutlak, dengan memiliki prasyarat yang lengkap pelaku UMKM mendap kesempatan untuk menerima bantuan dari pemerintah maupun Bank yang memiliki program kredit UMKM.



“Bapak ibu pelaku UMKM wajib memiliki NIB dan NPWP, karena ini menjadi syarat bagi pelaku UMKM agar mendapat bantuan dari pemerintah dan pinjaman dari bank,” terang Anang.

Dalam kegiatan Jambore UMKM IKM vol 2 seluruh peserta berkesempatan di promosikan produknya oleh Bunda Ashanty melalui akun media sosial nya.

“Saya akan selalu membantu dan mensupport seluruh produk UMKM, tetapi dengan seleksi. Sealain produk berkualitas, kemasan yang menarik menjadi suatu kewajiban agar produk terlihat menarik pembeli,” papar Ashanty dalam sambutan nya.

Ashanty juga berpesan kepada seluruh peserta jambore untuk selalu berusaha meningkatkan kualitas produk produknya, dan selalu semangat dalam setiap kali mendapat tantangan.

“Tidak ada kesuksesan yang didapat tanpa proses, semakin kita ulet, telaten dan konsisten untuk menjaga dan meningkatkan produk UMKM. Saya yakin kita akan sampai ke titik sukses,” jelasnya.

Potensi pasar untuk produk UMKM sangat terbuka, dengan jumlah penduduk yang cukup banyak menjadikan kabupaten Bogor menjadi pasar yang besar untuk produk UMKM. Tahap selanjutnya adalah bisa memasarkan produk UMKM dan IKM ini di luar Kabupaten Bogor, secara Nasional bahkan menjadi produk ekspor.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8018 seconds (0.1#10.140)