Kisah Jayanegara Tumbalkan Mahapatih Mpu Nambi Redam Perseteruan 2 Wangsa Majapahit

Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:15 WIB
loading...
A A A


Dyah Halayuda dianggap sebagai pembuat fitnah dan kerusakan politik Majapahit sehingga selain hukuman pemecatan, Dyah Halayuda juga dihukum oleh Jayanegara. Perseteruan antar wangsa kuat di Kerajaan Majapahit memang paling menyita perhatian Raja Jayanegara.

Karena Wangsa Rajasa yang merupakan saingan politiknya tetap mampu bertahan meskipun banyak pendukungnya sudah berguguran.Konon Dyah Halayuda menjadi salah satu tumbal yang disebabkan perseteruan dua wangsa, yang mewakili dua kekuatan besar di Kerajaan Majapahit.

Bahkan perlawanan itu juga hadir dari orang-orang terdekat Raja Jayanegara seperti dharmaputra sejumlah tujuh orang, yang salah satu di antaranya adalah Ra Kuti dan Ra Tanca.Pemberontakan Ra Kuti sukses ditumpas oleh Gajah Mada.

Tetapi Majapahit gagal menumpas pemberontakan Dharmaputra yang merupakan pendukung Wangsa Rajasa. Setelah itu, Ra Tanca yang merupakan tabib atau dokter istana Majapahit berhasil membunuh Jayanegara saat tengah mengobati sang raja akibat sakit raja singa yang dideritanya
(ams)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)