Jelang Libur Nataru, Sandiaga Uno Minta Wisatawan Waspada Cuaca Ekstrem

Jum'at, 15 Desember 2023 - 07:15 WIB
loading...
Jelang Libur Nataru, Sandiaga Uno Minta Wisatawan Waspada Cuaca Ekstrem
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno. Foto/Ferry Bangkit Rizki/MPI
A A A
BANDUNG BARAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno meyakini potensi cuaca ekstrem tidak akan mempengarungi kunjungan wisatawan saat libur Natal dan Tahun Baru 2024. Namun ia meminta wisatasan tetap waspada.

"Kami meyakini bahwa target akan tercapai tapi tentunya kami mengimbau seluruh wisatawan untuk waspada," kata Sandiaga Uno usai menghadiri acara Pelatihan Berbasis Kompetensi Membangun Bisnis Kreatif dari Nol Menjadi Besar di Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat pada Kamis (14/12/2023).

Dia mengatakan dalam menghadapi libur Nataru ditengah ancaman musim penghujan ini Kemenparekraf selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sandiaga juga meminta pengelola wisata untuk menyiapkan langkah mitigasi dan mengedepankan Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE). "Siapkan langkah mitigasi untuk menghadapi perubahan cuaca, pastikan aman, nyaman dan menyenangkan, aspek CHSS diprioritaskan," imbuh Sandiaga Uno.



Dirinya memperkirakan pergerakan wisatawan pada libur Nataru tahun ini bisa mencapai 107 juta yang berwisata di Indonesia. "Diperkirakan total seluruhnya ada 107 juta pergerakan wisatawan yang berlibur Nataru. Aktifitas pariwisata dan ekonomi kreatif itu akan memfasilitasi sekitar 125 juta pergerakan," ungkap Sandiaga.

Salah satu wisata yang diperkirakan akan jadi tempat menghabiskan libur penghujung tahun menurut Sandiaga adalah wilayah Jawa Barat. Selain wisata yang berbasis wahana, wisata kuliner juga masih menjadi tujuan utama para pelancong.

"Ternyata yang ke Jawa Barat itu di atas 60 persen salah satu yang menarik kunjungannya adalah wisata kuliner dan shooping," ucap Sandiaga.

Selain cuaca, dirinya meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap penularan COVID-19. Dirinya mengimbau wisatawan menggunkan masker dan menjaga kesehatan. Ia menyarankan wisatawan nusantara tidak bepergian ke luar negeri untuk libur Nataru kali ini.

"Jadi kami mengimbau untuk wisatawan berwisata di Indoensia aja dan dengan penuh kewaspadaan karena ada kasus COVID-19 yang meningkat di beberapa negara termasuk di Singapura," imbuh Sandiaga.
Dia melanjutkan masih banyak objek wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi masyarakat di libur akhir tahun ini. Selain untuk menurunkan risiko penularan COVID-19, berwisata di dalam negeri juga bisa membangkitkan perekonomian lokal.

"Jadi banyak destinasi di sini yang bisa dijangkau dan tentunya berwisata di Indonesia saja selain menurunkan risiko penularan penyakit termasuk COVID-19 juga membangkitkan ekonomi lokal," ucap Sandiaga Uno.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)