Sukseskan Citarum Harum, Kodam Siliwangi Dapat Bantuan 2 Kapal Katamaran

Sabtu, 27 Januari 2018 - 01:02 WIB
Sukseskan Citarum Harum, Kodam Siliwangi Dapat Bantuan 2 Kapal Katamaran
Sukseskan Citarum Harum, Kodam Siliwangi Dapat Bantuan 2 Kapal Katamaran
A A A
BANDUNG - Program Citarum Harum yang digagas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo didukung berbagai pihak. Dukungan itu dibuktikan oleh PT Gani Arta Dwitunggal, perusahaan di bidang kelautan, perikanan, dan pariwisata dengan memberi bantuan dua kapal Katamaran yang masing-masing berharga Rp135 juta.

Penyerahan bantuan kapal secara simbolis berlangsung di Lapangan Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh, Kota Bandung, Jumat (26/1/2018). Selain peralatan, Kodam III/Siliwangi juga mendapat sumbangan dana bantuan sebesar Rp20 miliar dari sebuah perusahaan untuk menyukseskan program Citarum Harum.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo mengatakan, dua unit kapal Katamaran dengan bentuk konfigurasi dua lambung ini akan digunakan para prajurit Kodam III/Siliwangi untuk membersihkan sampah di sepanjang Sungai Citarum.

"Dua unit Katamaran ini sangat cocok digunakan di perairan seperti sungai, danau, dan waduk. Alat ini berfungsi mengumpulkan sampah. Kapal ini meringankan beban personel yang ditugaskan membenahi Sungai Citarum," kata Doni.

General Manager PT Gani Arta Dwitunggal Andi J Sunadim mengemukakan, kapal Katamaran tersebut berkapasitas 1,5-2 ton. Kapal dengan dua lambung di sisi kanan dan kirinya itu, dibuat dari bahan polietilena berdensitas tinggi atau high density polythylene (HDPE), yakni polietilena termoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Bahan baku kapal sebagai besar dari lokal, hanya metal atau stainless steel-nya yang impor dari Taiwan.

"Bahan ini (HDPE) merupakan plastik ramah lingkungan yang dapat didaur ulang dengan cepat. Bahan ini memiliki kekuatan yang tahan lama hingga 25 tahun dan juga tahan benturan. HDPE tidak mengandung karsinogen. Ramah lingkungan. Di akhir masa tingkat daur ulangnya cepat," kata Andi.

Kapal Katamaran ini, ujar dia, telah diuji coba di Ambon. Namun, untuk mengambil sampah, dua unit kapal Katamaran tersebut masih dilakukan secara manual. Kapal ini mengandalkan jaring terpasang di depan untuk menjaring sampah terapung di Sungai Citarum.

Ke depan, PT Gani Arta Dwitunggal akan mengembangkan teknologi kapal pengangkut sampah tersebut. "Kami akan modifikasi agar dapat mengangkut sampah secara otomatis. Kapal ini khusus dibuat untuk Kodam III/ Siliwangi," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1259 seconds (0.1#10.140)