Antisipasi Banjir, Kodim 1013/MTW Bersihkan Sampah Sungai Barito

Jum'at, 08 Desember 2023 - 17:09 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Kodim 1013/MTW Bersihkan Sampah Sungai Barito
Kodim 1013/Muara Teweh bersama dengan Forkopimda dan masyarakat Barito Utara, Kalimantan Tengah membersihkan sampah di sepanjang aliran anak Sungai Barito. Foto/Ist
A A A
BARITO UTARA - Komando Distrik Militer (Kodim) 1013/Muara Teweh bersama dengan Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membersihkan sampah di sepanjang aliran anak Sungai Barito.

Pembersihan sampah yang dilakukan di aliran Sungai Butong di Jalan Dahlia, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Kalteng pada 7 Desember 2023 ini sebagai upaya antisipasi banjir. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan.



Komandan Kodim (Dandim) 1013/Muara Teweh, Letkol Inf Agussalim Tuo mengatakan, kegiatan pembersihan sampah ini sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) untuk menghadapi musim hujan.

"Saat ini sudah masuk musim hujan dan banyak terjadi banjir. Seluruh Kodim serentak melakukan karya bakti pembersihan aliran sungai dan pemukiman selama sepekan," katanya, Jumat (8/12/2023).



Dalam kegiatan ini, kata Letkol Agussalim Tuo, ratusan anggota TNI dikerahkan, terutama untuk dua wilayah yaitu Barito Utara dan Murung Raya. Aksi sosial ini didukung oleh anggota Polres, Pol PP, BPPD, Pemda dan segenap SKPD terkait, serta masyarakat.

"Dari TNI turun 300 personel ditambah unsur lainnya. Jadi ada ratusan yang semuanya bergotong royong," lanjutnya.



Disamping melakukan pembersihan, karya bakti TNI ini juga melakukan penanaman pohon di area pinggiran Sungai Barito. Selain itu juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)