Viral Rekaman Video Gunung Tangkuban Perahu Meletus, Begini Faktanya

Kamis, 07 Desember 2023 - 16:57 WIB
loading...
Viral Rekaman Video Gunung Tangkuban Perahu Meletus, Begini Faktanya
Viral foto letusan Gunung Tangkuban Perahu, beredar luas di media sosial. Foto/Ist.
A A A
BANDUNG BARAT - Video rekaman letusan Gunung Tangkuban Perahu, viral di media sosial. Dalam rekaman tersebut, terlihat semburan material vulkanik berwarna hitam membumbung ke angkasa, dan masih banyak mobil wisatawan terparkir di dekatnya.



Selain itu, dalam video berdurasi 6,30 menit tersebut, juga tersengar suara teriakan dari pedagang dan pengunjung yang panik saat menyaksikan letusan Gunung Tangkuban Perahu, disertai dengan semburan material vulkanik.



Usai viralnya video letusan Gunung Tangkuban Perahu di perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat, dengan Kabupaten Subang tersebut, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Perahu, Adzan Anugrah Indiarsyah memastikan Gunung Tangkuban Perahu baik-baik saja.



"Untuk tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu, sampai saat ini masih level I atau normal," tegas Adzan, Kamis (7/12/2023). Dia menegaskan video yang viral di media sosial, merupakan letusan Gunung Tangkuban Perahu yang terjadi tahun 2019.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Suheri mengatakan, saat ini Gunung Tangkuban Parahu kondisinya normal. Dia mengaku langsung mengecek lokasi, usai menerima informasi adanya video letusan Gunung Tangkuban Perahu.



"Saat ini kondisi di Gunung Tangkuban Parahu normal, dan baik-baik saja. Kami langsung mengecek ke lokasi setelah beredar informasi tersebut, bersama BPBD Kabupaten Subang, dan Polsek Jalan Cagak," kata Suheri.

Pengunjung dan pedagang tidak terpengaruh oleh viralnya video letusan Gunung Tangkuban Parahu yang terjadi pada tahun 2019 silam. Pengunjung sudah mengetahui kejadian tersebut sudah lama. "Pengunjung dan pedagang juga tidak terpengaruh. Kondisi semuanya aman-aman saja. Mungkin mereka juga paham bagaimana kondisi di atas," tegas Suheri.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3166 seconds (0.1#10.140)