Kisah 8 Warga Cilacap yang Mudik dari Jakarta Pakai Travel Ternyata Positif Corona Lewat Rapid Test

Kamis, 30 April 2020 - 15:05 WIB
loading...
Kisah 8 Warga Cilacap yang Mudik dari Jakarta Pakai Travel Ternyata Positif Corona Lewat Rapid Test
Delapan orang warga Kecamatan Cimanggu, Cilacap, Jawa Tengah dinyatakan positif COVID-19 usai pemeriksaan rapid test oleh Dinas Kesehatan Cilacap. Foto iNews TV/ Heri S
A A A
CILACAP - Delapan orang warga Kecamatan Cimanggu, Cilacap, Jawa Tengah dinyatakan positif COVID-19 usai pemeriksaan rapid test oleh Dinas Kesehatan Cilacap. Ke delapan orang tersebut adalah pemudik yang baru pulang dari Jakarta dengan menumpang kendaraan travel.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi mengatakan, hasil positif dari rapid test berawal ketika salah satu anggota keluarga pemudik tersebut meninggal dunia dengan gejala mirip COVID-19. (Baca:Warga Madiun Geger, Emak-emak Pingsan di Minimarket Dievakuasi Standar COVID-19)

“Selang beberapa hari kedatangan pemudik tersebut kemudian Dinas Kesehatan Cilacap melakukan rapid test kepada seluruh pemudik tersebut dan didapat hasil positif. Meski positif namun ke delapan orang pemudik tersebut tidak menunjukan gejala sakit,” kata dia, Kamis (30/4/2020).

Menurut dia, berdasarkan penelusuran Dinas Kesehatan Cilacap kedelapan orang tersebut selama di Jakarta bekerja di tempat yang sama dan tinggal dalam satu kontrakan. Kemudian mereka melakukan perjalanan mudik ke Cilacap bersama-sama dengan menumpang kendaraan travel.

Hingga kini kedelapan pemudik tersebut diisolasi di RSUD Majenang Cilacap dan berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) sambil menunggu hasil tes swab yang telah dikirim ke laboratorium di Yogyakarta.

“Kami mengimbau bagi para pemudik yang sudah terlanjur tiba di Cilacap untuk melakukan karantina mandiri guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” tandasnya.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)