Penampakan Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Desa Nagari Pariangan

Rabu, 06 Desember 2023 - 09:00 WIB
loading...
Penampakan Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Desa Nagari Pariangan
Banjir lahar dingin menerjang beberapa kawasan di Kabupaten Tanah Datar. Salah satu di Nagari Pariangan salah satu desa terindah di dunia. Foto/MPI/Rus Akbar
A A A
TANAH DATAR - Usai erupsi Gunung Marapi, banjir lahar dingin menerjang beberapa kawasan di Kabupaten Tanah Datar pada Selasa (5/12) malam. Salah satunya di Nagari Pariangan, salah satu desa terindah di dunia.

Aliran sungai di Pariangan tersebut berhulu di Gunung Marapi tetap kejadian erupsi. “Di Nagari Pariangan, banjir lahar menghantam lokasi pemandian air panas yang berada di kawasan Masjid Ishlah,” kata Bupati Tanah Datar, Eka Putra, Rabu (6/12/2023).

Dia meminta warga tidak panik dan mendengarkan instruksi dari yang berwenang agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. “Jangan termakan isu, apalagi menyebarkan isu yang bisa membuat panik masyarakat,” ucapnya.



Banjir lahar dingin juga menerjang di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan, banjir lahar menghantam masjid dan rumah warga di Jorong Sialahan. Di Kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum.

Bahkan, banjir lahar dingin menyebabkan jembatan terban di kedua sisinya. Sehingga, tidak bisa dilalui mobil bertonase besar. Sehingga, debit air meningkat drastis di Batang Air Sigarungguang Nagari Baringin dan Batang Air Lona, Nagari Parambahan.

“Semoga tidak memberikan dampak yang besar dan tidak menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda bagi warga. Mari kita sama-sama berdoa,” ujar Eka.



Sementara Pengamat Gunung Api Marapi Sumatera Barat memberikan peringatan kepada warga untuk tidak mendekati sungai-sungai yang berhulu di gunung Marapi, pasalnya potensi banjir bisa terjadi lahar dingin.

“Izin menyampaikan untuk tidak mendekati sungai-sungai yang berhulu dari gunung api Marapi karena berpotensi terjadi lahar dingin karena terjadinya hujan di sekitar gunung api marapi,” tulisnya lewat pesan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)