Gunung Marapi Meletus, Kabupaten Agam Diguyur Hujan Abu

Minggu, 03 Desember 2023 - 18:47 WIB
loading...
Gunung Marapi Meletus, Kabupaten Agam Diguyur Hujan Abu
Kondisi hujan abu vulkanik dari letusan Gunung Marapi, yang terjadi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (3/12/2023). Foto/Dok Pusdalops BPBD Kabupaten Agam
A A A
AGAM - Hujan abu cukup pekat terjadi di Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, usai meletusnya Gunung Marapi. Gunung dengan ketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut, meletus pada pukul 14.54 WIB, Minggu (3/12/2023).



Gunung Marapi yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Agam, dan Kabupaten Tanah Datar tersebut, menyemburkan abu vulkanik dengan ketinggian 3.000 meter dari puncak kawah yang disertai suara gemuruh.



Menurut hasil perekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik.



Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Wasito menjelaskan, kolom abu akibat letusan Gunung Marapi, terlihat sangat tinggi di atas wilayah Kabupaten Agam.

Tim dari BPBD Kabupaten Agam, sudah berada di dua wilayah yang paling dekat dengan puncak Gunung Marapi, yakni Kecamatan Sungai Pua, dan Kecamatan Canduang. "Tim Pusdalops kami sudah berada di dua lokasi tersebut," kata Bambang.

Tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Agam, Ade Setiawan menuturkan, hujan abu vulkanik dari letusan Gunung Marapi, terjadi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Gunung Marapi Meletus, Kabupaten Agam Diguyur Hujan Abu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)