Banjir Bandang Terjang Humbahang Hasundutan Akibatkan 1 Warga Tewas dan 11 Hilang

Sabtu, 02 Desember 2023 - 21:23 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang Humbahang Hasundutan Akibatkan 1 Warga Tewas dan 11 Hilang
BPBD Humbang Hasundutan menyatakan 1 warga ditemukan meninggal dunia dan 11 orang masih hilang akibat banjir bandang yang menerjang Desa Simangalumpe, Kecamatan Baktiraja. Foto/BPBD Humbang Hasundutan
A A A
HUMBANG HASUNDUTAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara menyatakan seorang warga ditemukan tewas akibat banjir bandang di Desa Simangalumpe, Kecamatan Baktiraja.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logisik BPBD Humbang Hasundutan, Ricardo mengatakan, korban tersebut merupakan karyawan Hotel Senior. Saat ini jasad korban dibawa ke Puskesmas Baktiraja menggunakan armada ambulans milik RSUD Doloksanggul.



“Saat ini satu orang warga telah ditemukan meninggal dunia dan dievakuasi ke Puskesmas Baktiraja dengan menggunakan ambulance RSUD Doloksanggul,” ucap Ricardo dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Ricardo mengatakan, dengan ditemukannya satu orang dalam kondisi meninggal dunia tersebut, maka jumlah warga yang masih dinyatakan hilang menjadi 11 orang.



Anggota BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan bersama tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, Satpol PP, Dinas Sosial, Tagana dan Destana terus berupaya melakukan pencarian dan pertolongan terhadap 11 warga yang masih dinyatakan hilang.

Ricardo menyebut, total tim gabungan yang terlibat dalam operasi tersebut sekitar 350 orang. Jumlah itu di luar jumlah warga setempat yang turut membantu.


“Perkiraan jumlah personel yang turun membantu evakuasi situasi bencana sekitar 350 orang, di luar masyarakat yang membantu,” ujarnya.

Adapun upaya pencarian tersebut mengalami sedikit kendala lantaran cakupan wilayah permukiman yang terdampak banjir bandang tertutup material bebatuan besar, lumpur serta puing berupa batang pohon berukuran sedang hingga besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)