alexametrics

BMKG Sebut Kekuatan Gempa 6,9 SR, Sejumlah Rumah di Tasikmalaya Rusak

loading...
BMKG Sebut Kekuatan Gempa 6,9 SR, Sejumlah Rumah di Tasikmalaya Rusak
Gempa berkekuatan 6,9 SR yang berpusat di Kabupaten Tasikmalaya menyebabkan sejumlah bangunan rusak.Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Pemutakhiran data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui situs resmi www.bmkg.go.id menyebutkan kekuatan gempa 6,9 skala richter (SR). Gempa yang terjadi Jumat (15/12/2017) sekitar pukul 23.47 WIB, berpusat di 7.75 Lintang Selatan,108.11 Bujur Timur, kedalaman 107 Km, dan 11 Km barat daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Getaran gempa terasa cukup kuat di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Belum dilaporkan ada korban jiwa, namun untuk sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terdapat rumah ambruk di daerah Tasikmalaya Selatan, Kecamatan Cikalong dan Tibalong.

Gempa dirasakan kencang/kuat selama 5-10 detik di Jawa Barat, sehingga masyarakat panik keluar rumah. Untuk wilayah Yogyakarta gempa dirasakan cukup kuat selama 20-30 detik dan membuat masyarakat panik.

Untuk Kabupaten Batul gempa dirasakan kencang selama 5 -30 detik, masyarakat panik dan keluar rumah hingga saat ini belum ada laporan dampak. Adapun di Jawa Tengah gempa dirasakan sedang selama 10 detik, masyarakat panik dan keluar rumah.

“Sampai saat ini BPBD Provinsi masih berkoordinasi dengan BPBD Kota/kabupaten wilayah masing-masing,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (16/12/2017) dalam siaran tertulisnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak