Pembangunan Capai 90%, Pelabuhan Patimbam Segera Diluncurkan

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 20:46 WIB
loading...
Pembangunan Capai 90%, Pelabuhan Patimbam Segera Diluncurkan
Pembangunan Pelabuhan Patimbam, sudah mencapai 90%. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Impian Jawa Barat ( Jabar ), untuk memiliki pelabuhan berstandar internasional bakal segera terwujud menyusul telah hampir rampungnya pembangunan tahap pertama Pelabuhan Patimbam di Kabupaten Subang.

(Baca juga: Rem Blong, Truk Tronton Hantam 2 Minibus di Jalur Pantura Gresik )

Kepala Dinas Perhubungan (Diahub) Provinsi Jabar , Hery Antasari mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban tahap pertama sudah mencapai lebih dari 90 persen, termasuk di dalamnya reklamasi serta aksesnya.

Menurut Hery, secara umum, pembangunan Pelabuhan Patimban hingga kini berjalan baik. Bahkan, Hery meyakinkan, paling lambat 2022 mendatang, Pelabuhan Patimban sudah dapat beroperasi untuk melayani bongkar muat, khususnya produk otomotif.

"Pulau reklamasi untuk pelabuhannya tahap pertama sudah hadir dan aksesnya juga sudah hampir rampung. Tahap pertama ini, persentase (progress)-nya sudah lebih dari 90 persen," tutur Hery saat video conference bersama Gubernur Jabar , Ridwan Kamil dan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Jumat (7/8/2020).

Hery juga mengatakan, penyediaan lahan untuk Pelabuhan Patimban sudah mencapai 80,6 persen atau 296 hektare, baik untuk dukungan area maupun akses jalan menuju pelabuhan.

(Baca juga: Terbitkan Rekom, Ini Alasan Nasdem Dukung Petahana Blitar )

Sehingga, lahan yang belum tersedia hanya tersisa 19,4 persen atau 71 hektare yang kini dalam proses pembebasan, termasuk di dalamnya 27,3 hektare tanah kas desa (TKD) di kawasan dukungan area yang harus diganti. "Proses ini (pembebasan lahan TKD) yang tadi dibahas fokusnya bisa diselesaikan secara bersama-sama, sinergi seluruh pihak," katanya.

Gubernur Jabar , Ridwan Kamil menuturkan, pembangunan Pelabuhan Patimban relatif cepat berkat kerja sama dan kekompakan semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, daerah, kontraktor, hingga para pemangku kepentingan (stakeholder). "Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Jabar , tentunya ini adalah bukti kalau kita kompak, segala tantangan bisa diatasi dengan baik," katanya.

Kang Emil, sapaan akrabnya juga mengatakan, Pemprov Jabar sudah terlibat dalam pembangunan Pelabuhan Patimban secara total, terutama dalam penetapan lokasi (penlok) sejak 2019 lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)