Memilukan, Anak Gajah di Riau Mati Terjerat Tali Nilon

Rabu, 29 November 2023 - 07:18 WIB
loading...
A A A
Dijelaskannya bahwa pihak BBKSDA Riau mendapat informasi dari pihak perusahaan pemegangang konsesi kalau ada gajah yang terluka pada 14 November 2023. Diduga karena sakit, gajah itu tertinggal dari rombongan.

Pihaknya pun langsung melakukan pengecekan. Setelah memastikan tim dokter pun langsung melakukan tindakan medis terhadap hewan bertubuh bongsor itu.

Keesokan hari ini, tim medis berupaya melakukan pengobatan susulan. Namun sang gajah berusaha untuk menghindar.

"Saat dicoba melakukan pembiusan, sang gajah berusaha mengindar. Anak gajah itu terlihat lebih agresif. Hasil observasi, ada pembekakan pada kaki persendiannya yang luka tersebut semakin merenggang karena otot dan tendornya putus dan sepertinya akan lepas. Terhadap luka itu dilakukan tindakan medis dengan memberikan vitamin, antibiotik dan obat," ucapnya.

Setelah diberikan pengobatan, kondisi gajah membaik. Hari demi hari, tim medis terus melakukan pementauan terhadap gajah liar itu. Belakangan anak gajah itu kembali ke rombongan.

Terakhir gajah tersebut terlihat mandi bersama rombongan. Kemudian terdegar jeritan sang gajah. Melihat hal itu, kawanan gajah meninggalkan anak gajah yang sedang sakit itu. Setelah memastikan aman tim medis bersama pawang gajah(mahout) mendekati gajah yang masih berendam.

"Pawang gajah berusaha mengerahkan agar gajah naik ke darat agar dilakukan pengobatan. Namun gajah tersebut tidak dan mengeluarkan suara keras dan akhir gajah itu roboh. Petugaspun lansung turun ke sungai dan dipastikan gajah tersebut telah mati," sebutnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2209 seconds (0.1#10.140)