Terungkap! Ini Alasan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Getol Budidaya Pisang

Senin, 27 November 2023 - 23:39 WIB
loading...
Terungkap! Ini Alasan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Getol Budidaya Pisang
Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin sejak awal getol ingin membudidayakan pisang di seluruh wilayah Sulawesi Selatan untuk kesejahteraan petani. Foto/MPI/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin sejak awal getol ingin membudidayakan pisang di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Ternyata, dia ingin membangun ekosistem bisnisnya demi kesejahteraan petani di daerah itu.

Hal itu pun dia buktikan dengan menjalin kerja sama dengan PT Yas Exports Internasional (YEI) dan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang pembelian hasil budidaya pisang cavendish, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin, (27/11/2023).



“MoU ini memastikan pasar hasil budidaya pisang Cavendish,” kata Bahtiar.

Dia pun menyampaikan terimakasih kepada PT YEI yang memiliki 260 cabang perusahaan di negara-negara yang mengonsumsi pisang.

"Ini yang kita mau tanam di Sulawesi Selatan dan ekosistem bisnisnya sudah saya bangun dan kita sudah ada kontrak farming. Jadi saya serius membangun ekosistem bisnisnya dari hulu sampai hilir. Ini tanaman bisnis, bukan tanaman biasa dan punya nilai ekonomi," ungkapnya usai penandatanganan MoU

Menurut dia, sejauh ini sudah ada lima bank yang memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk budidaya pisang cavendish. Ada BNI, Bank Sulselbar, BSI, BRI dan Mandiri. Bahkan sudah ada yang berproses di beberapa daerah.



"Saya minta tahun depan minimal Rp15 triliun. Karena ini tanaman bisnis, makanya ada yang mau biayai. Dan ini sudah ada kontraknya. Kita tanam hari ini pembelinya sudah ada, makanya bank mau," ungkapnya.

"Dari Yaman dan Kuwait sangat memerlukan pisang, tapi stoknya tidak ada. Hari ini, khusus untuk komoditi pisang cavendish yang kita kembangkan supaya seluruh hasil produksi pisang cavendish bisa dibeli," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2424 seconds (0.1#10.140)