Polda Jateng Dalami Keterlibatan 2 SPBU Terkait Penimbunan Solar di Wonogiri

Kamis, 23 November 2023 - 12:37 WIB
loading...
Polda Jateng Dalami Keterlibatan 2 SPBU Terkait Penimbunan Solar di Wonogiri
Direktur Reskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio saat diwawancara di Kota Semarang, Kamis (23/11/2023). Foto/Eka Setiawan/MPI
A A A
SEMARANG - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng mendalami dugaan keterlibatan 2 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Wonogiri terkait kasus penimbunan solar subsidi jenis bio solar di sana. Kasus penimbunan bio solar itu sebelumnya sudah diungkap Ditreskrimsus Polda Jateng.

“Ada 2 SPBU, kita melihat keuntungan apa yang diterima dari proses penjualan itu,” ungkap Direktur Reskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio saat diwawancara di Kota Semarang, Kamis (23/11/2023).

Dwi mengatakan pihaknya, melalui penyidik Subdirektorat IV/Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) akan melihat keuntungan apa yang diterima dari proses penjualan itu.

“Kalau keuntungannya ada berarti kan ada kesalahan administrasi di situ. Tapi kalau tidak ada ya berarti kelalaian mereka itu. Memperjualbelikan kepada orang yang tidak sesuai ya, entah itu barcodenya atau yang lainnya,” sambungnya.



Penyidik, kata Kombes Dwi, masing-masing sudah memeriksa 2 karyawan SPBU di Wonogiri. “Masing-masing 1 orang (yang diperiksa). Sanksinya nanti administrasi, nanti kami serahkan kepada pihak Pertamina untuk tindakan terhadap SPBU tersebut, petugasnya juga sama (administrasi),” bebernya.

Sebelumnya, pada 10 Oktober 2023 Ditreskrimsus Polda Jateng membongkar gudang penimbun solar bersubsidi di Kabupaten Wonogiri. Lokasi tepatnya di Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Sebanyak 7,1 ton bio solar diamankan dari tempat kejadian perkara (TKP) itu. Satu tersangka berinisial WTC ditetapkan, dia penjaga gudang.

Solar-solar itu setelah dibeli menggunakan truk modifikasi, ditimbun di gudang di Desa Joho Wonogiri tersebut. Di sana, petugas mendapati sejumlah barang bukti. Di antaranya 11 buah tandon di mana ada 9 di antaranya terisi. Berat totalnya 7,1ton solar. Modusnya adalah membeli solar subsidi dari SPBU dengan truk modifikasi yang didalamnya sudah ada tandon-tandon.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)