Kisah Istri Bung Tomo Cemburu sang Suami Terima Kiriman Misterius dari Perempuan Cantik

Rabu, 15 November 2023 - 06:01 WIB
loading...
Kisah Istri Bung Tomo Cemburu sang Suami Terima Kiriman Misterius dari Perempuan Cantik
Sosok perempuan yang dicintai Bung Tomo, pahlawan nasional yang terkenal dalam pertempuran Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah Sulistina. Foto/Istimewa/Kltv Leiden
A A A
SURABAYA - Kebiasaan Bung Tomo memberikan oleh-oleh atau buah tangan kepada orang lain membuatnya pernah bertengkar dengan kekasihnya Sulistina. Hal itu terjadi ketika Bung Tomo atau Sutomo mengembalikan pemberian buah tangannya.

Saat itu memang Bung Tomo kerap membawa buah tangan ketika bertemu dengan temannya. Setiap Bung Tomo pulang dari tugas atau ketika bertugas ke luar daerah, ia tidak pernah datang dengan tangan hampa.

Ia terbiasa membuat orang yang menunggunya dan yang menyambutnya merasa senang. Caranya adalah ia selalu membawa oleh-oleh untuk orang-orang yang menunggunya, khususnya orang-orang terdekatnya.



Dari kebiasaan ini, maka setiap terdengar kabar Bung Tomo akan datang ke suatu daerah, dapat dipastikan ia akan membawa oleh-oleh untuk orang-orang, sebagaimana dikutip dari “Bung Tomo: Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempur 10 November”.

Bung Tomo biasa membawakan buah tangan makanan, tapi tak semuanya buah tangan yang dibawa pahlawan kelahiran Surabaya ini selalu berbentuk makanan. Ia bahkan pernah memberikan buah tangan berupa barang, seperti pakaian.

Contohnya, sebagaimana yang dituturkan istrinya, Sulistina, kebiasaan Bung Tomo jika tugas ke daerah, selain membawa oleh-oleh kecil sekadar menunjukkan perhatian atau tanda cinta, seperti payung dari Tasikmalaya atau remong batik dari Solo.

Konon buah tangan tersebut oleh Sulistina masih tersimpan cukup lama hingga kini.



Sulistina bahkan pernah merasa cemburu karena persoalan oleh-oleh. Ceritanya, sebelum Sulistina menikah dengan Bung Tomo, suatu sore ada kiriman yang datang ke alamat rumah Sulistina yang ia kira dari Bung Tomo, namun ternyata dari seorang gadis.

Di buah tangan yang dikembalikan itu berupa bros, gelang, dan kalung dari perak bakar. Ada tulisan di surat kecil yang berbunyi, mengembalikan perhiasan perak bakar dari Bung Tomo. Gadis itu tidak mau menerimanya.

Dari sanalah Sulistina mulai cemburu dan bertanya-tanya, mengapa Bung Tomo yang katanya sangat mencintainya masih sempat memberi perhatian kepada gadis lain dan memberinya oleh-oleh?

Ketika Sulistina bertemu dengan Bung Tomo dan menanyakan hal itu, Bung Tomo menjelaskan bahwa hal itu hanyalah sebuah kesalahpahaman. Bung Tomo juga memastikan bahwa dirinya tidak memberi oleh-oleh pada gadis lain selain kepadanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5195 seconds (0.1#10.140)