Bernyali Besar, Mahfud MD dan Pahlawan Nasional Halim Perdanakusuma Ternyata Berdarah Asli Madura

Jum'at, 10 November 2023 - 16:48 WIB
loading...
Bernyali Besar, Mahfud MD dan Pahlawan Nasional Halim Perdanakusuma Ternyata Berdarah Asli Madura
Cawapres, Mahfud MD. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
Sosok Mahfud MD, selalu lekat dengan tanah kelahirannya, Pulau Madura. Sosok profesor hukum yang kini menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) bagi Ganjar Pranowo tersebut, memiliki gaya bicara dan logat khas Madura. Dia juga dikenal memiliki nyali besar dalam penegakan hukum.



Pulau Madura memiliki sejarah panjang. Keberadaannya sangat pentig dalam lintasan sejarah, salah satunya di era Singasari, hingga terbentuknya Majapahit. Pada masa kolonial Belanda, Madura juga pernah dijadikan negara boneka yang dikendalikan penjajah belanda.



Lintasan senjarah yang sangat panjang, membuat Pulau Madura sangat kaya sejarah dan budaya. Dengan kekayaan tersebut, Pulau Madura juga berhasil mencetak tokoh-tokoh hebat seperti Mahfud MD. Bahkan, beberapa tokoh dari Madura telah terabadikan sebagai pahlawan nasional.



Salah satu dari pahlawan nasional tersebut bahkan juga berasal dari kampung yang sama seperti Mahfud MD, yakni Sampang. Dalam artikel ini, kita akan bahas salah satu profil pahlawan nasional asal Madura tersebut, ia adalah Abdul Halim Perdanakusuma.

Abdul Halim Perdana Kusuma


Pada jaman perjuangan dulu, tidak banyak putra pribumi yang lihai menerbangkan pesawat. Pada masa itu, Indonesia memang belum memiliki pesawat terbang. Akan tetapi sudah ada seorang putra Madura, yang tercatat sebagai anggota Royal Canadian Air Force dann Royal Air Force.

Ialah Abdul Halim Perdanakusuma, pria yang lahir di Sampang pada 18 November 1922. Halim Perdana Kusuma adalah seorang yang lihai navigasi dan mengemudikan pesawat terbang.

Putra dari Patih Sumenep itu berpangkat Wing Commander. Sepak terjangnya sangat legendaris, ia pernah terlibat dalam sebanyak 44 tugas penerbangan menggunakan pesawat jenis Lancaster atau Liberator sebagai navigator tempur pada Perang Dunia II di Eropa, dan Asia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)