Wayang Golek Kang Ganjar Disambut Antusias setelah Puluhan Tahun Tak Ada Pagelaran di Ciamis

Senin, 06 November 2023 - 19:03 WIB
loading...
Wayang Golek Kang Ganjar Disambut Antusias setelah Puluhan Tahun Tak Ada Pagelaran di Ciamis
Pegelaran wayang golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur di Lapangan Desa Sukaraja, Sindangkasih, Ciamis, Jawa Barat disambut hangat ribuan warga. Foto/iNews TV/Acep Muslim
A A A
CIAMIS - Pegelaran wayang golek 'Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur' di Lapangan Desa Sukaraja, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat disambut hangat ribuan warga.

Rasa antusias itu ditunjukkan dengan membeludaknya penonton. Pagelaran wayang golek Giri Harja 3 ini digelar oleh kelompok Sajajar atau Sa Jabar Jeung Ganjar yang berkolaborasi dengan Forum Milenial Galuh Kabupaten Ciamis.


Pagelaran wayang golek ini dilakukan oleh dalang Yogaswara Sunandar, yang merupakan putra dalang legendaris Asep Sunandar Sunarya.

Giri Harja 3 yang telah lama menjadi ikon seni wayang golek di Jawa Barat ini, sangat menghibur ribuan warga dengan banyak cerita jenaka dan pesan moral.



Pesan-pesan tersebut mengajarkan nilai-nilai kejujuran, kepemimpinan, dan persahabatan dalam menghadapi berbagai situasi.

Selain itu, acara wayang golek 'Kang Ganjar Saba Desa Jaba Lembur' ini ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia, yang terbukti dengan kekuatan seni budaya tradisional dapat mempersatukan masyarakat.



Tokoh masyarakat Garut, Yogi Permadi, mengaku sudah puluhan tahun tak lagi melihat pertunjukan wayang golek di Kecamatan Sindangkasih.

Namun sekarang, Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur ini memberikan kesempatan kepada warga Tatar Galuh Ciamis, khususnya di Sindangkasih untuk menikmati kembali seni wayang golek dan cerita di balik pertunjukannya.

"Sosok Kang Ganjar Pranowo sangat inspiratif dan peduli masyarakat miskin. Dia mencontohkan program sekolah khusus di Jawa Tengah untuk anak anak miskin yang serba gratis hingga dipekerjakan. Itu yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Yogi, Kamis (26/10/2023) lalu.

Sementara itu, pengunjung asal Kuningan Ika Siti Rahmatika, mengaku sangat mengapresiasi pagelaran acara wayang golek Kang Ganjar Saba Desa Jaga Lembur yang diadakan di Sindangkasih.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)