Relawan Sajajar Kenalkan Ganjar lewat Pagelaran Wayang Golek di Ciamis

Kamis, 26 Oktober 2023 - 21:18 WIB
loading...
Relawan Sajajar Kenalkan Ganjar lewat Pagelaran Wayang Golek di Ciamis
Relawan Sajajar menggelar wayang golek di Lapangan Sukaraja, Dusun Burung Gendis 2, Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Rabu (25/10/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
CIAMIS - Relawan Sajajar (Sa-Jabar Jeung Ganjar) mengenalkan sosok capres Ganjar Pranowo kepada warga Sindangkasih, Ciamis dengan cara yang unik dan asyik. Sosialisasi dilakukan dengan melalui pagelaran wayang golek, hasil kolaborasi dengan Forum Milenial Galuh dan Karangtaruna Sindangkasih.

Pertunjukan yang berlangsung di Lapangan Sukaraja, Dusun Burung Gendis 2, Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Rabu (25/10/2023) malam itu sukses menarik perhatian warga. Ki Dalang Yogaswara Sunandar dari Grup Wayang Golek Giriharja III Putra Bandung hadir sebagai pengisi acara. Sementara Ki Daus dan Ade Batak turut hadir memeriahkan sebagai bintang tamu.

Antusias yang luar biasa pun datang dari masyarakat setempat. Sebab kerinduan mereka akan seni tradisional wayang golek yang sudah dinanti selama 25 tahun kini terbayar sudah.

"Mudah-mudahan ini bisa mengobati dan merawat tradisi Sunda, sering di masyarakat Kecamatan Sindangkasih umumnya Kabupaten Ciamis," kata Ketua Forum Pemuda Sindangkasih sekaligus anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi PDIP Yogi Permadi.

Dalam penampilannya, Ki Dalang membawakan pertunjukan memukau bertajuk Kang Ganjar. Mengisahkan tentang sesosok pemimpin yang peduli terhadap nasib masyarakat miskin, bersikap rendah hati, dan dekat dengan seluruh kalangan rakyat. Kisah itu merupakan cerminan dari sosok capres Ganjar yang sangat inspiratif.

Kang Ganjar memiliki program unggulan saat menjadi gubernur Jawa Tengah dengan membuat sekolah khusus anak-anak miskin, dimana semua keperluannya digratiskan. Mulai dari buku, pakaian, biaya sekolah, makan, dan bahkan selesai sekolah bisa disalurkan untuk bekerja.

"Berharap model sekolah miskin tersebut bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Agar masyarakat kurang beruntung bisa semakin menikmati program Ganjar tersebut," jelasnya.

Kader PDIP lainnya sekaligus Perwakilan Kelompok Relawan Sajajar Ida Nurlaela Wiradinata mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Ida, wayang golek merupakan seni budaya yang sarat akan pesan dan makna, juga menjadi kesukaan warga Jawa Barat.

Ketokohan Kang Ganjar pada pertunjukan ini dinilai pas untuk cerita pewayangan. Sebab, sebagai pemimpin, Kang Ganjar merupakan sosok berkarakter dan berintegritas, berjuang sepenuhnya untuk rakyat.

“Kami juga berharap pimpinan ke depannya bisa seperti sosok Kang Ganjar. Karena memiliki karakter unggul, lebih hebat sehingga Indonesia lebih unggul lagi,” harapnya.

Salah satu pengunjung, Agus Sandi mengaku sudah puluhan tahun tak pernah lagi menonton pertunjukan wayang golek di Sindangkasih. Selain itu, lewat pesan-pesan yang disampaikan dari pertunjukan, Agus juga mengaku makin memahami visi misi capres-cawapres Ganjar-Mahfud MD.

“Saya sangat terkesan, terima kasih Pak Ganjar sudah memberikan pengalaman yang berkesan bagi masyarakat Kabupaten Ciamis. Selain menghibur, pagelaran ini juga memberikan pendidikan tentang seni budaya tradisional Indonesia,” katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0079 seconds (0.1#10.140)