Gubernur Sumsel Targetkan 500 Rumah Tahfidz di OKU Timur

Kamis, 06 Agustus 2020 - 09:26 WIB
loading...
Gubernur Sumsel Targetkan 500 Rumah Tahfidz di OKU Timur
Gubernur Sumsel saat peletakan batu pertama Masjid Baitussalam di Desa Tebing Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur, Rabu (5/8). FOTO : SINDOnews/Hendri Irawan
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD) tak hanya menaikkan perekonomian Sumsel lebih maju tapi juga membangun dengan mengutamakan bidang keagamaan. Bahkan HD menginginkan bisa mempunyai 500 lebih rumah tahfidz di 20 kecamatan dan 320 desa yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Hal itu diungkapkan HD saat menghadiri acara peletakan batu pertama Masjid Baitussalam di Desa Tebing Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur, Rabu (5/8).

"Jangan bangga dengan bentuk indahnya nanti, tetapi indah juga diisi dengan keanekaragaman kegiatan positif yang ada di dalamnya," ujarnya. (Baca juga : Perguruan Tinggi di Sumsel Diminta Punya Keunggulan dan Terobosan )

HD menekankan, kegiatan yang ada harus diiringi mengaji dan menghafal Alquran serta salat berjama'ah. Untuk itulah rumah tahfidz,TPA dan TPQ harus dipersiapkan agar selaras dengan program Gubernur Sumsel 'Satu desa satu rumah tahfidz'.

"Dengan orang hafal Alquran membebaskan buta aksara Alquran, karena agama adalah sumber dari segala hukum," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati OKU Timur Khalid Mawardi berharap Masjid Baitussalam yang mempunyai arti "Keselamatan", ini dalam pelaksanaan renovasinya bisa bernilai ibadah di mata Allah SWT.

"Masjid ini dibangun oleh kami ketika tahun 90'an dan sering mengadakan pengajian thariqah dan pernah juga membawa thariqah dari Jakarta yang umatnya banyak," ujarnya.

Diketahui Masjid Baitussalam yang kini sudah berusia 23 tahun membutuhkan renovasi agar memperindah bangunannya dan membuat jamaah lebih nyaman beribadah. Masjid ini memiliki luas tanah 6.075 M2, panjang 135 meter dan lebar 50/40.

Kehadiran Gubernur Herman Deru di acara peletakan batu pertama renovasi juga seakan membawa berkah. Bahkan gubernur membantu 1.800 semen dan para SKPD serta tokoh masyarakat di OKU Timur juga turut menyumbang untuk mempercepat renovasi masjid.(Baca juga : Internet Desa Inisiasi Gubernur Sumsel Membantu Warga di Masa Pandemi )

Hadir juga dalam acara peletakan batu pertama renovasi, para SKPD OKU Timur, SKPD Provinsi Sumsel, para tokoh OKU Timur H Lanosin Hamzah, H Adi Purna Yudha, anggota DPR RI asal Sumsel Percha Leanpuri serta Ketua TP PKK OKU TIMUR Hikmah Maslikah.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9241 seconds (0.1#10.140)