Lahan Terendam Banjir Rob di Pekalongan Jadi Tempat Wisata

Kamis, 28 September 2017 - 12:29 WIB
Lahan Terendam Banjir Rob di Pekalongan Jadi Tempat Wisata
Lahan Terendam Banjir Rob di Pekalongan Jadi Tempat Wisata
A A A
PEKALONGAN - Menikmati wahana wisata tidak harus selalu ke tempat wisata yang mewah dan mahal. Apalagi bagi yang hobi berpetualang, sambil belajar dan juga mengetahui dahsyatnya perubahan alam.

Kita dapat berkunjung ke Bandengan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Di tempat yang terkena banjir air pasang atau rob ini yang akan memberikan pengalaman berwisata secara alami dan pastinya dapat meningkatkan kesadaran dalam menjaga alam dan lingkungan.

Warga memanfaatkan lokasi banjir ini menjadi tempat wisata air. Lokasi wisata perahu di lokasi dampak banjir Rob di Bandengan ini berada di bekas lahan sawah dan tambak kurang lebih 100 hektare.

Lahan Terendam Banjir Rob di Pekalongan Jadi Tempat Wisata

Lahan pertanian dan tambak tak ubahnya lautan, dengan vegetasi utamanya adalah pohon mangrove atau biasa dikenal dengan hutan bakau. Di lokasi ini juga ada tanggul geotube penahan gelombang dan pesisir dengan pemandangan yang indah.

"Bencana rob atau banjir air pasang sudah terlalu lama, sehingga kita tidak mungkin bisa mengembalikan lahan seperti semu. Akhirnya warga menjadikan lokasi ini tempat wisata air, " jelas Darwanto tokoh pemuda Kelurahan Bandengan, Kota Pekalongan.

Dengan berkunjung ke wisata perahu di Bandengan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup Rp10.000 per orang atau Rp50.000 per perahu. Wisatawan akan dipandu oleh guide yang ramah siap mengantarkan berkeliling kawasan dampak rob yang membentang luas, menikmati hamparan pemandangan air yang menarik serta dapat memacu adrenalin.

"Jika sore hari dapat menikmati sunset yang indah. Selain menikmati pemandangan alam, dapat memancing ikan di atas perahu atau di daerah pesisir, " lanjut Darwanto.

Beberapa warga yang mencoba wisata ditempat banjir rob, mengaku senang dan bisa menikmati sensasi berperahu sambil melihat keindahan alam. "Senang sekali bisa naik perahu, berjalan di tanggul geotube, melihat burung bangau, menangkap kepiting langsung," ujar Bima siswa SD yang ikut ayah ibu dan adiknya berpetualang di lokasi banjir rob.

Lokasi untuk menuju lokasi wisata perahu ini sangatlah mudah dikarenakan lokasinya terletak di dalam kawasan permukiman di RW 04, RW 05, dan RW 06, Bandengan. Selain berwisata, dapat belajar cara menangkap kepiting, ikan, udang dan budidaya rumput laut. Kita juga bisa membawa oleh-oleh hasil dari para petani tambak di Bandengan yaitu udang, ikan, kepiting dan rumput laut.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8356 seconds (0.1#10.140)