BEM Nusantara Jateng Gelar Aksi Damai, Desak Pencopotan Ketua MK

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:10 WIB
loading...
BEM Nusantara Jateng Gelar Aksi Damai, Desak Pencopotan Ketua MK
BEM Nusantara Jateng menggelar aksi damai dengan menyalakan lilin dan orasi di Tugu Muda Semarang dalam momen malam renungan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (27/10/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SEMARANG - Mahasiwa dari berbagai perguruan tinggi yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Jateng mendesak Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dicopot dari jabatannya. Mereka menggelar aksi damai dengan menyalakan lilin dan orasi di Tugu Muda Semarang.

“Pada malam hari ini kita bersama-sama menuntut untuk kemudian mencopot Ketua Mahkamah Konstitusi,” kata Koordinator BEM Nusantara Jateng Shofiyul Amin di Jalan Pandanaran, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang dalam momen malam renungan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (27/10/2023).

BEM Nusantara menilai apa yang diputuskan MK terkait batasan usia capres-cawapres telah melanggar konstitusi. Apalagi putusan tersebut kental dengan perbuatan nepotisme untuk memuluskan langkah keponakan Ketua MK Anwar Usman, yakni Gibran Rakabuming Raka yang merupakan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024. “Tuntutan kita malam hari ini terkait dengan putusan MK yang telah melanggar tugas dan wewenangnya,” ujarnya.

Shofiyul mengatakan, pihaknya juga mendesak Presiden Jokowi mereformasi tubuh MK untuk meminimalisir polarisasi masyarakat. Pasalnya putusan MK terkait batasan usia capres-cawapres telah menuai kontroversi dan membuka peluang dinasti politik.

Dalam aksi damai menyalakan lilin itu, BEM Nusantara juga menyuarakan rasa cinta Tanah Air dalam momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda. Shofiyul mengatakan, pemuda adalah harapan bangsa untuk membawa Indonesia lebih baik di masa mendatang.

Sebab itu Shofiyul mengajak para pemuda terus mengawal kebijakan pemerintah agar sesuai dengan cita-cita rakyat. “Kita harapkan ini menjadi kobaran awal semangat kita sehingga ke depan kita lebih bisa mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah yang melanggar atau tidak sesuai dengan cita-cita rakyat Indonesia,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)