Atasi Kekeringan di Buluroto Trenggalek, Warga Dapat Bantuan Air Bersih

Kamis, 02 November 2023 - 17:55 WIB
loading...
Atasi Kekeringan di Buluroto Trenggalek, Warga Dapat Bantuan Air Bersih
Bantuan air bersih disalurkan kepada warga terdampak kekeringan yang melanda wilayah Buluroto, Kampak, Trenggalek, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
TRENGGALEK - Bantuan air bersih disalurkan kepada warga terdampak kekeringan yang melanda wilayah Buluroto, Kampak, Trenggalek, Jawa Timur. Kemarau panjang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami krisis air bersih.

Kekeringan akibat kemarau panjang tahun ini, lebih kering dari tiga tahun sebelumnnya, hal ini merupakan dampak dari fenomena El Nino yang mengakibatkan curah hujan berkurang, tutupan awan berkurang, dan suhu meningkat.



Kondisi tersebut menyebabkan masyarakat di Buluroto mengalami kekurangan pasokan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

Jumlah sumber air di desa semakin sedikit dan hanya beberapa titik mata air yang berfungsi. Namun aksesnya jauh dan sedikit sulit dijangkau.



Waris, seorang tokoh masyarakat mengatakan, sudah beberapa minggu ini Dusun Buluroto, Ngadimulyo mengalami kesulitan air bersih.

Warga terpaksa harus jalan kaki sampai lebih dari 2 km untuk mendapatkan air bersih. Waris yang juga Ketua RT bersama tokoh masyarakat mencari solusi guna meringankan kesulitan warga.


Guna mengatasi kesulitan warga, NU Care Lazisnu bersama masyarakat, Sumber Mineral Nusantara (SMN) bergotong royong menyediakan transportasi pengangkut air bersih, pompa air, pipa distribusi dan juga perlengkapannya.

Kegiatan ini diinisiasi oleh masyarakat sendiri. Awalnya, masyarakat terdampak bencana alam kekeringan berkomunikasi guna mengatasi kondisi krisis air bersih tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)