Manfaatkan Eceng Gondok di Waduk Cengklik, Warga Boyolali Produksi Pupuk Organik dan Biogas

Senin, 30 Oktober 2023 - 15:39 WIB
loading...
Manfaatkan Eceng Gondok di Waduk Cengklik, Warga Boyolali Produksi Pupuk Organik dan Biogas
Pembuatan pupuk organik dan biogas dari eceng gondok dari Waduk Cengklik oleh warga Desa Sobokerto, Ngemplak, Boyolali, Jateng. Foto/MPI/Ary Wahyu Wibowo
A A A
BOYOLALI - Warga Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah berhasil memanfaatkan eceng gondok yang tumbuh subur di Waduk Cengklik. Eceng gondok dimanfatkan menjadi pupuk organik, serta biogas untuk memasak.

Eceng gondok yang tumbuh tak terkendali menjadi persoalan sejak lama di Waduk Cengklik. Tumbuhan ini sering merusak peralatan nelayan yang mencari ikan di waduk yang memiliki luas sekitar 306 hektare tersebut.


Alat jaring penangkap ikan maupun alat penangkap udang sering tergulung eceng gondok yang lewat terbawa arus maupun angin.

Saat musim hujan, eceng gondok tumbuh semakin subur dan memenuhi waduk yang berlokasi di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali. Meski demikian, eceng gondok yang tumbuh di waduk juga memiliki manfaat sebagai tempat berlindung ikan.

Manfaatkan Eceng Gondok di Waduk Cengklik, Warga Boyolali Produksi Pupuk Organik dan Biogas

Warga Desa Sobokerto, Ngemplak, Boyolali memanfaatkan eceng gondok dari Waduk Cengklik jadi pupuk organik, serta biogas untuk memasak. Foto/ MPI/Ary Wahyu Wibowo

Mulai 2022, sejumlah warga di Desa Sobokerto yang letaknya di pinggiran Waduk Cengklik merespons persoalan itu dan ingin mencari solusinya. Terlebih ada dorongan dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS) agar warga membantu mengurangi eceng gondok.

Selanjutnya terbentuk Masyarakat Sobokerto Peduli Waduk Cengklik (Masopili) yang salah satu tujuannya melakukan upaya mengurangi eceng gondong yang tumbuh tak terkendali. Masyarakat semakin bersemangat ketika Pertamina bersedia membantu kegiatan mereka.



“Kami kemudian diajak studi banding ke Desa Sruni, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali untuk menimba ilmu. Kami diajari cara pembuatan pupuk padat maupun cair dan biogas. Kalau di sana (Desa Sruni) bahannya dari sayuran, sedangkan kami dari eceng gondok,” kata Seksi Demplot Masopili Kelompok Masyarakat (Pokmas) Ngudi Tirto Lestari, Dalmanto, Minggu (29/10/2023).

Setelah studi banding, dibentuk struktur kepengurusan dan mencari tempat atau basecamp yang berlokasi di pinggiran waduk. Pria berusia 51 tahun ini mempersilakan lahan pekarangannya dipakai untuk basecamp kegiatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)