Gempa Guncang Kotawaringin Timur, BMKG: Dipicu Sesar Aktif di Kalteng

Senin, 30 Oktober 2023 - 10:30 WIB
loading...
Gempa Guncang Kotawaringin Timur, BMKG: Dipicu Sesar Aktif di Kalteng
BMKG mengeluarkan analisis terkait gempa M4,5 yang mengguncang Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Foto/Istimewa
A A A
KOTAWARINGIN TIMUR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan analisis terkait gempa M4,5 yang mengguncang Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Senin (30/10/2023) dini hari pukul 01.21 WIB.

“Analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini parameter M 4,5 episenter terletak pada koordinat 2.31 LS ; 113.02 BT tepatnya 25 km Timur Laut Sampit-Kalteng kedalaman 13 km,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono, Senin (30/10/2023).



Daryono mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan.

“Gempa Mag. 4,5 di Kotawaringin Timur, Kalimantan ini merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang dipicu aktivitas sesar aktif yang belum terpetakan,” jelasnya.



Berdasarkan hasil pemodelan peta guncangan (shakemap), gempabumi ini dirasakan di Kecamatan Baamang dan Kecamatan Mentawa Baru, Ketapang dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)