Seniman dan Dalang Bersatu, Ganjar-Mahfud Dapat Dukungan Dahsyat di Karanganyar

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:31 WIB
loading...
Seniman dan Dalang Bersatu, Ganjar-Mahfud Dapat Dukungan Dahsyat di Karanganyar
Bacapres Ganjar Pranowo dan Bacawapres Mahfud MD mendapat dukungan seniman dan dalang yang tergabung di Forum Komunikasi Seniman dan Dalang Indonesia (FKSDI). Foto/Dok.SINDOnews
A A A
KARANGANYAR - Pasangan Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Mahfud MD terus mendapatkan dukungan dari masyarakat. Kali ini dukungan, datang dari seniman dan dalang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Seniman dan Dalang Indonesia (FKSDI).

Komunitas Seniman dan Dalang menyampaikan dukungan mereka kepada pasangan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024 melalui pertunjukan wayang kulit yang berlangsung sepanjang malam bersama 80 dalang di Alun-Alun Karanganyar pada Jumat (27/10/2023) malam.


Ratusan warga sangat antusias untuk menyaksikan pertunjukan wayang kulit tersebut, hingga mengisi semua kursi yang disediakan oleh penyelenggara.

Beberapa pengunjung bahkan rela duduk di pinggir halaman alun-alun untuk melihat pertunjukan tersebut. Paryono yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PDIP Karanganyar juga turut hadir dalam acara tersebut.



Sementara itu, Ki Gondo Wartoyo, selaku Ketua FKSDI menyatakan bahwa pertunjukan wayang kulit ini merupakan ekspresi dukungan dari seniman dan dalang kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusung oleh Perindo, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Pertunjukan ini dilakukan di tanah kelahiran Ganjar Pranowo, Karanganyar, sekaligus sebagai perayaan Hari Ulang Tahun Ganjar yang ke-55, yang jatuh pada Sabtu (28/10/2023) dan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.


Menurut Ki Gondo Wartoyo, pertunjukan wayang kulit itu menghadirkan sekitar 80 dalang yang secara bergantian memainkan wayang dengan cerita wahyu keprabon, yang menggambarkan tokoh pewayangan Gatotkaca.

Karakter ini mencerminkan figur sosok Ganjar Pranowo. Dalam perayaan ulang tahunnya, para seniman dan dalang berharap agar mantan Gubernur Jawa Tengah itu sukses, panjang umur, dan terpilih sebagai Presiden dalam Pilpres 2024.

“Hari Ulang tahun Mas Ganjar ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda sehingga pergelaran ini menjadi rangkaian kegiatan menyambut Sumpah Pemuda,” kata Ki Gondo Wartoyo di sela pertunjukan wayang kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)