Pohon Dewandaru Awal Mula Mitos Pesugihan di Gunung Kawi

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 06:30 WIB
loading...
Pohon Dewandaru Awal Mula Mitos Pesugihan di Gunung Kawi
Mitos pesugihan di kawasan Gunung Kawi diduga tak bisa lepas dari pohon dewandaru. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Mitos pesugihan di kawasan Gunung Kawi diduga tak bisa lepas dari pohon dewandaru. Pohon ini memang tumbuh di Gunung Kawi, terutama di dua lokasi yakni di Keraton Gunung Kawi dan Pesarean Gunung Kawi.

Di Keraton Gunung Kawi, pohon dewandaru konon begitu dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Bahkan dari pantauan di lokasi keraton, pohon tersebut diberikan penanda khusus dengan penutup kain bermotif kotak-kotak ala catur di batangnya.



Lokasi berada di samping makam Toenggol Manik Djaja Ningrat dan Toenggol Wati, dan di samping bangunan keraton. Pohon dewandaru juga tumbuh di area samping Pesanggrahan Gunung Kawi.

Jono pemandu wisata keraton menjelaskan, bila pohon dewandaru memang dipercaya sebagai pohon keberuntungan. Tak ayal pengunjung biasanya juga berdoa atau sekedar berdiam diri di sekitar pohon.

”Biasanya tujuan apa ada yang di sekitar pohon, katanya mengundang keberkahan, keberuntungan,” ucap Jono kepada wartawan.

Selain di Keraton Gunung Kawi, pohon dewandaru juga tumbuh di kawasan Pesarean Gunung Kawi. Di kawasan pesarean ini pohon juga konon dianggap memberikan berkah dan keberuntungan tersendiri bagi para pengunjung yang datang.



”Dari ceritanya pohon Dewandaru itu dari tongkat Eyang Djoego yang ditancapkan. Sering buahnya dinantikan karena dipercaya membawa keberuntungan, berbuah biasanya pada Bulan Desember,” kata Kadir, salah satu pemandu wisata di pesarean.

Biasanya para pengunjung disebut Kadir, juga berdoa di sekitar pohon dewandaru itu. Hal ini yang diduga menimbulkan mitos adanya pesugihan dari pohon dewandaru tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)