10 Pohon Tumbang dan Rumah Rusak di Cimahi Akibat Diterjang Hujan Deras

Kamis, 26 Oktober 2023 - 02:41 WIB
loading...
10 Pohon Tumbang dan Rumah Rusak di Cimahi Akibat Diterjang Hujan Deras
Pohon tumbang di Jalan Encep Kartawiria, Kota Cimahi, Jabar, akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang, Rabu (25/10/2023). Foto/Ist.
A A A
CIMAHI - Sebanyak 10 pohon tumbang, akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Cimahi, Jabar, Rabu (25/10/2023). Selain pohon tumbang, hujan deras disertai angin kencang ini juga mengakibatkan rumah warga rusak.



Kepala BPBD Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan mengatakan, dari laporan yang sudah masuk ada sebanyak 10 pohon tumbang akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang. "Kami masih terus melakukan pendataan dan penanganan," ungkapnya.



Selain pohon tumbang, hujan deras yang mengguyur juga menyebabkan banjir di RT 3 dan RT 4 RW 6 serta RT 3 RW 9, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara. Namun kini kondisinya sudah mulai surut.



"Ada rumah rusak di RT 3 RW 4 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dari kejadian hujan deras disertai angin kencang tersebut," ujar Fitriandy.

Dengan kejadian ini, dia berencana akan menetapkan status darurat siaga bencana hidrometrologi. Hal itu sudah mendapat persetujuan dari Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi.



Dia juga mengimbau masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca dimusim peralihan ini. "Atas perintah Pak Pj Wali Kota Cimahi, kami rencananya akan membuat surat keputusan penetapan status siaga bencana hidrometrologi. Kami akan koordinasi juga dengan BMKG terkait kondisi saat ini," imbuhnya.

Lurah Cigugur Tengah, Rezza Rivalsyah Harahap mengatakan, di wilayahnya ada satu rumah yang mengalami kerusakan sedang, karena tertimpa pohon tumbang saat hujan deras. "Sementara ini ada satu rumah di RW 4 yang rusak, karena tertimpa pohon tumbang. Sudah dilakukan pengecekan oleh BPBD," ujar Rezza.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)