alexametrics

Karnaval Kemerdekaan di Bandung, TNI-Polri Waspadai 16 Titik Rawan

loading...
Karnaval Kemerdekaan di Bandung, TNI-Polri Waspadai 16 Titik Rawan
Aparat TNI dan Polri menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Karnaval Kemerdekaan 2017 di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (25/8/2017) pagi. Foto/KORAN SINDO/Agus Warsudi
A+ A-
BANDUNG - Aparat keamanan, TNI dan Polri mewaspadai 16 titik rawan selama Karnaval Kemerdekaan berlangsung di Kota Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017. Untuk mengantisipasi kerawanan itu, aparat TNI dan Polri berjaga-jaga di 16 titik tersebut.

“Dalam perjalanan dari Gedung Sate sampai ke Taman Vanda itu, jalur kami pagari dengan tirai TNI-Polri. Di samping itu, ada titik-titik tertentu kami siapkan. Ada 16 titik yang dijaga ketat pasukan baik Sabhara, Brimob, dan TNI. Titik rawan yang diwaspadai seperti jembatan penyeberangan orang, gedung-gedung tinggi, dan perempatan jalan,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo seusai memimpin Apel Pengamanan Karnaval Kemerdekaan di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (25/8/2017).

Hendro mengemukakan, dalam apel yang digelar Jumat pagi, TNI-Polri siap melaksanakan pengamanan Karnaval Kemerdekaan di Kota Bandung yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jumlah personel yang dikerahkan dari TNI sebanyak 2.500 orang dan Polri 2.500 orang. "Jadi total personel yang akan mengamankan kegiatan ini sebanyak 5.000 orang. Ada peningkatan jumlah pasukan,” ujar Hendro.



Dalam pelaksanaannya nanti, tutur Kapolrestabes, pihaknya melakukan pengamanan dari rute kedatangan di Bandara Husein Sastranegara sampai objek atau pusat kegiatan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro dan Taman Vanda, Jalan Merdeka. Selain itu, saat perjalanan karnaval dari Gedung Sate sampai Taman Vanda. “Sistem pengamanan yang diterapkan nanti, jalur dari Bandara Husein Sastranegara ke Gedung Sate. Polri dan TNI memprioritaskan Presiden. Kemudian, di Gedung Sate dan Taman Vanda itu dibuat sistem ring satu sampai empat,” ungkap Hendro.

Pihaknya juga akan mengalihkan arus kendaraan, seperti saat Presiden datang dari Bandara Husein Sastranegara ke Gedung Sate sehingga akan ada penutupan jalan sementara. Saat tiba di Gedung Sate, Jalan Diponegoro ditutup. Begitu juga saat di Taman Vanda, Jalan Merdeka pun ditutup. “Penutupan mulai dilakukan pukul 12.00 sampai pukul 17.00 WIB. Begitu juga Jalan Asia Afrika, tetapi situasional. Setelah rombongan Presiden melintas, jalan dibuka kembali,” kata Hendro.

Diberitakan sebelumnya, tahun ini, Kota Bandung menjadi tuan rumah penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan yang berlangsung pada Sabtu 26 Agustus 2017 dari pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Karnaval ini menempuh jarak 3,2 kilometer dari Gedung Sate, Jalan Diponegoro sampai Taman Vanda, Jalan Merdeka. Pada 2016 lalu, Karnaval Kemerdekaan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara sedangkan pada 2015 digelar di Pontianak, Kalimantan Barat.
(mcm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak