alexametrics

Wagub Jatim Gus Ipul Lepas Pasukan 'Sabuk Merah Putih'

loading...
Wagub Jatim Gus Ipul Lepas Pasukan Sabuk Merah Putih
Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf melepas pasukan Sabuk Merah Putih di Pos Jaga Wisata Alam Tretes, Rabu (16/8/2017).Koran SINDO/Lukman Hakim
A+ A-
PASURUAN - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf melepas pasukan "Sabuk Merah Putih" di Pos Jaga Wisata Alam Tretes, Rabu (16/8/2017). Pasukan yang berjumlah 800 orang tersebut akan membentangkan bendera merah putih sepanjang 178 meter di Pos II Kokopan (jalur pendakian Arjuno-Welirang).

Dalam sambutannya, Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf menyatakan, ada banyak cara warga untuk menunjukkan kecintaanya pada bangsa dan negara Indonesia. Salah satunya yang dilakukan tim Sabuk Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Mereka akan membentangkan bendera yang cukup panjang di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). "Saya sangat mengapresiasi yang dilakukan tim sabuk merah putih ini. Pesannya sangat bagus, mari jaga hutan, mari rawat hutan," katanya.



Perjalanan pendakian diperkirakan memakan waktu selama hampir lima jam. Bendera dirangkai dengan menggunakan bambu. Setiap pendaki memegang bambu tersebut untuk membawa bendera ke kaki gunung.

Tidak hanya orang dewasa, tim ini juga diikuti anak-anak. Semua peserta mengenakan t shirt berwarna hitam bertuliskan 'Bangkit' sebagai tagline pendakian.

"Perjuangan tim ini sangat berat. Dengan membawa bendera yang cukup panjang. Jadi perlu kerja sama yang baik antar setiap pendaki agar bisa sampai ke tujuan," imbuh Gus Ipul.

Sementara itu, Ketua Panitia Sabuk Merah Putih, Agung Hidayat mengatakan, semua tim dalam kondisi yang sangat siap untuk pendakian. Baik itu dari sisi perlengkapan maupun dari sisi fisik. Semua peralatan medis juga disiapkan untuk mengantisipasi dan memberi bantuan penanganan pertama pada yang mengalami kecelakaan.

Setidaknya, butuh waktu sekitar lima bulan bagi tim untuk menyiapkan acara yang akan kembali diadakan di tahun depan tersebut. "Nanti bendera akan kami turunkan padal 18 Agustus," ujarnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak