Kejadian Langka, Buaya Raksasa Melahap Bayi Kuda Nil yang Baru Dilahirkan

Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:21 WIB
loading...
Kejadian Langka, Buaya Raksasa Melahap Bayi Kuda Nil yang Baru Dilahirkan
Peristiwa langka sekaligus bikin miris, seekor buaya di Sungai Mara, Kenya, terekam kamera sedang melahap bayi kuda nil yang baru dilahirkan. Foto/Governors Camp Collection/Live Science
A A A
NAIROBI - Peristiwa langka sekaligus bikin miris, seekor buaya di Sungai Mara, Kenya, terekam kamera sedang melahap bayi kuda nil yang baru dilahirkan. Tidak jelas apakah buaya tersebut membunuh anak kuda nil yang baru lahir mati atau terlahir mati.

Rekaman langka menangkap momen sebelum seekor buaya besar memangsa bayi kuda nil yang baru lahir di Maasai Mara, Kenya. Kuda nil diketahui baru dilahirkan karena masih memiliki tali pusar saat buaya tersebut melahap tubuhnya.

Frankie Adamson, seorang fotografer satwa liar yang bekerja sebagai fotografer residen di operator safari Koleksi Perkemahan Gubernur, memfilmkan kejadian tersebut dari tepian Sungai Mara. Dia mengaku peristiwa seperti ini belum pernah dilihatnya.



“Secara umum buaya tidak akan mendekati atau mengancam kuda nil dewasa. Namun, buaya oportunis dan jika memungkinkan akan mengambil kesempatan untuk mengambil bayinya,” kata Adamson kepada Live Science melalui email dikutip SINDOnews, Rabu (18/10/2023).

Adamson mengatakan tidak ada kuda nil lain di bagian sungai ini. Buaya tersebut awalnya masih berada di dalam air sambil memegang bangkai di rahangnya, dan mulai mengoyak bangkai tersebut saat diganggu oleh ikan lele.

“Buaya mulai mengangkat bangkai tersebut keluar dari air dan membantingnya dengan sangat keras,” tambah Adamson. Buaya menggerakkan rahangnya untuk membunuh mangsanya atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil.

Adamson mengaku mengamati buaya bersama kuda nil selama sekitar 45 menit tetapi tidak melihat buaya itu memakan satu pun bangkainya. Akhirnya dia berenang pergi membawa makanannya ke hilir.



Buaya Nil (Crocodylus niloticus) tumbuh hingga panjang sekitar 5 meter dan merupakan predator puncak yang agresif dan oportunistik. Mereka umumnya memakan ikan tetapi juga menargetkan mamalia darat seperti zebra, impala, dan kerbau.

Namun kuda nil dewasa (Hippopotamus amphibius) dapat tumbuh hingga panjang 5 meter dan berat hingga 4.500 kilogram dan dapat dengan mudah membunuh buaya. Buaya terkadang memangsa anak kuda nil, namun kemudian berisiko diserang oleh induk kuda nil.

“Jarang sekali predator puncak yang kejam dan paling efisien ini merebut bayi kuda nil dari induknya. Bahkan buaya sering menghindari kuda nil karena tahu betapa agresifnya kuda nil yang sedang marah,” tulis Governors Camp Collection dalam postingan Instagram.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)