Asal Usul Ken Arok, Raja Pertama Kerajaan Singasari dari Kasta Sudra

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:43 WIB
loading...
Asal Usul Ken Arok, Raja Pertama Kerajaan Singasari dari Kasta Sudra
Ken Arok merupakan Raja Pertama Kerajaan Singasari. Sebelumnya ia berkuasa di Tumapel, usai melumpuhkan Tunggul Ametung. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Ken Arok merupakan salah satu tokoh yang memiliki nama besar dalam sejarah Indonesia khususnya masa Hindu-Buddha. Kisahnya bahkan diabadikan dalam berbagai karya sastra yang secara panjang lebar menceritakan perjuangan hidupnya serta tokoh-tokoh sezaman.

Ken Arok terlahir dari keluarga rakyat biasa yang memiliki cita-cita menjadi seorang raja. Ibunya bernama Ken Endog, sementara nama ayahnya tidak diketahui dengan pasti.

Namun demikian, ada dugaan bahwa sebenarnya Ken Arok merupakan keturunan darah biru atau berasal dari keluarga bangsawan yang dilahirkan dari rakyat biasa.



Perjuangan Ken Arok dalam mewujudkan cita-citanya, dimulai dengan banyaknya rintangan yang dialaminya. Ketika masih muda, dia pergi berkelana dan bertemu dengan seorang pencuri bernama Lembong yang kemudian menjadi ayah angkatnya.

Pertemuannya dengan ayah angkatnya tersebut mengantarkan Ken Arok hidup dalam dunia kriminalitas. Dia bahkan mendapat reputasi sebagai salah satu perampok yang paling ditakuti di wilayah Timur pulau Jawa.

Kehidupan itu bertahan hingga ia bertemu dengan seorang brahmana bernama Lohgawe yang saat itu bertugas mencari titisan Dewa Wisnu agar kelak menjadi raja di tanah Jawa. Lohgawe menganggap Ken Arok sebagai titisan Dewa Wisnu.

Dari situlah dirinya mulai belajar tata cara hidup yang berguna bagi masyarakat lainya kepada Brahmana tersebut.

Perjuangan Awal Ken Arok di Tumapel


Menurut jurnal "Nilai Nilai Karakter Dalam Perjuangan Ken Arok Mendirikan Kerajaan Singasari Tahun 1222", Lohgawe atau yang memiliki nama lengkap Dang Hyang Lohgawe adalah seorang Brahmana yang berasal dari Jambudwipa.

Dikisahkan Lohgawe mendapatkan tugas dari Bhatara Wisnu untuk bisa memperjuangkan Ken arok menjadi seorang raja di Jawadwipa.

Keinginan seorang Ken Arok untuk menjadi seorang raja mengantarkannya untuk mengabdi di Kerajaan Tumapel. Dia rela mengabdi kepada penguasa atau Akuwu Tumapel bernama Tunggul Ametung demi mewujudkan cita-cita dan keinginannya menjadi seorang raja di tanah Jawa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)